Dongeng Pohon Apel

Dongeng ini cukup terkenal, anda mungkin pernah mendengar atau membacanya namun saya selalu tersentuh setiap membacanya.

Suatu ketika, hiduplah sebatang pohon apel besar dan anak lelaki yang senang bermain-main di bawah pohon apel itu setiap hari. Ia senang memanjatnya hingga ke pucuk pohon, memakan buahnya, tidur-tiduran di keteduhan rindang daun-daunnya. Anak lelaki itu sangat mencintai pohon apel itu. Demikian pula pohon apel sangat mencintai anak kecil itu.

Waktu terus berlalu. Anak lelaki itu kini telah tumbuh besar dan tidak lagi bermain-main dengan pohon apel itu setiap harinya. Suatu hari ia mendatangi pohon apel. Wajahnya tampak sedih. “Ayo ke sini bermain-main lagi denganku,” pinta pohon apel itu. “Aku bukan anak kecil yang bermain-main dengan pohon lagi,” jawab anak lelaki itu. “Aku ingin sekali memiliki mainan, tapi aku tak punya uang untuk membelinya.” Pohon apel itu menyahut, “Duh, maaf aku pun tak punya uang… tetapi kau boleh mengambil semua buah apelku dan menjualnya. Kau bisa mendapatkan uang untuk membeli mainan kegemaranmu.” Anak lelaki itu sangat senang. Ia lalu memetik semua buah apel yang ada di pohon dan pergi dengan penuh suka cita. Namun, setelah itu anak lelaki tak pernah datang lagi. Pohon apel itu kembali sedih.

Suatu hari anak lelaki itu datang lagi. Pohon apel sangat senang melihatnya datang. “Ayo bermain-main denganku lagi,” kata pohon apel. “Aku tak punya waktu,” jawab anak lelaki itu. “Aku harus bekerja untuk keluargaku. Kami membutuhkan rumah untuk tempat tinggal. Maukah kau menolongku?” “Duh, maaf aku pun tak memiliki rumah. Tapi kau boleh menebang semua dahan rantingku untuk membangun rumahmu,” kata pohon apel. Kemudian anak lelaki itu menebang semua dahan dan ranting pohon apel itu dan pergi dengan gembira. Pohon apel itu juga merasa bahagia melihat anak lelaki itu senang, tapi anak lelaki itu tak pernah kembali lagi. Pohon apel itu merasa kesepian dan sedih.

Pada suatu musim panas, anak lelaki itu datang lagi. Pohon apel merasa sangat bersuka cita menyambutnya. “Ayo bermain-main lagi deganku,” kata pohon apel. “Aku sedih,” kata anak lelaki itu. “Aku sudah tua dan ingin hidup tenang. Aku ingin pergi berlibur dan berlayar. Maukah kau memberi aku sebuah kapal untuk pesiar?” “Duh, maaf aku tak punya kapal, tapi kau boleh memotong batang tubuhku dan menggunakannya untuk membuat kapal yang kau mau. Pergilah berlayar dan bersenang-senanglah.” Kemudian, anak lelaki itu memotong batang pohon apel itu dan membuat kapal yang diidamkannya. Ia lalu pergi berlayar dan tak pernah lagi datang menemui pohon apel itu.

Akhirnya, anak lelaki itu datang lagi setelah bertahun-tahun kemudian. “Maaf anakku,” kata pohon apel itu. “Aku sudah tak memiliki buah apel lagi untukmu.” “Tak apa. Aku pun sudah tak memiliki gigi untuk mengigit buah apelmu,” jawab anak lelaki itu. “Aku juga tak memiliki batang dan dahan yang bisa kau panjat,” kata pohon apel. “Sekarang, aku sudah terlalu tua untuk itu,” jawab anak lelaki itu. “Aku benar-benar tak memiliki apa-apa lagi yang bisa aku berikan padamu. Yang tersisa hanyalah akar-akarku yang sudah tua dan sekarat ini,” kata pohon apel itu sambil menitikkan air mata. “Aku tak memerlukan apa-apa lagi sekarang,” kata anak lelaki. “Aku hanya membutuhkan tempat untuk beristirahat. Aku sangat lelah setelah sekian lama meninggalkanmu.” “Oooh, bagus sekali. Tahukah kau, akar-akar pohon tua adalah tempat terbaik untuk berbaring dan beristirahat. Mari, marilah berbaring di pelukan akar-akarku dan beristirahatlah dengan tenang.” Anak lelaki itu berbaring di pelukan akar-akar pohon. Pohon apel itu sangat gembira dan tersenyum sambil meneteskan air matanya.

Ini adalah cerita tentang kita semua. Pohon apel itu adalah orang tua kita. Ketika kita muda, kita senang bermain-main dengan ayah dan ibu kita. Ketika kita tumbuh besar, kita meninggalkan mereka, dan hanya datang ketika kita memerlukan sesuatu atau dalam kesulitan. Tak peduli apa pun, orang tua kita akan selalu ada di sana untuk memberikan apa yang bisa mereka berikan untuk membuat kita bahagia. Anda mungkin berpikir bahwa anak lelaki itu telah bertindak sangat kasar pada pohon itu, tetapi begitulah cara kita memperlakukan orang tua kita.

”Dan kami perintahkan kepada manusia (berbuat baik) kepada kedua orang tuanya; ibunya telah mengandungnya dalam keadaan lemah yang bertambah-tambah, dan menyapihnya dalam dua tahun. Bersyukurlah kepada-Ku dan kepada kedua orang tuamu, hanya kepada-Kulah tempat kembalimu. Dan jika keduanya memaksamu untuk mempersekutukan dengan Aku sesuatu yang tidak ada pengetahuannya tentang itu, maka janganlah kamu mentaati keduanya, dan pergaulilah keduanya di dunia dengan baik, dan ikutilah jalan orang yang kembali kepada-Ku, kemudian hanya kepada-Kulah kembalimu, maka Kuberitahukan kepadamu apa yang telah kamu kerjakan.” (Luqman 14-15)

(Regards to Dudung.net)

Published in: on Maret 30, 2008 at 1:38 pm  Comments (3)  
Tags: ,

UU Informasi dan Transaksi Elektronik

Akhir-akhir ini dunia internet Indonesia dihebohkan dengan akan diberlakukannya UU Informasi dan Transaksi Elektronika. Banyak yang merespon positif maupun negatif akan adanya pemberlakuan UU ini. Yang paling banyak direspon terutama pasal mengenai penyebaran media pornografi maupun kebebasan berekspresi yang diantaranya lewat blog. Keseluruhan RUU dapat didownload di http://anggara.files.wordpress.com/2008/03/uu-ite.pdf (thanks to anggara.org)

UU ini dianggap mengurangi kebebasan para netter, sementara pemerintah sebagai pembuat UU dianggap menghambur-hamburkan uang (30 T untuk upaya UU ini) dan tidak siap dalam menggodok UU ini. Mmmm ada benarnya juga, coba liat wawancara dari detik net berikut ini:
Lalu bagaimana mengetahui sebuah situs itu masuk dalam kategori porno atau bukan? “Caranya gampang. Pokoknya kalau ada situs yang mensyaratkan pengaksesnya berusia 17 atau 18 tahun, maka sudah pasti itu (situs) porno,” tandas Nuh yakin.

Selengkapnya di http://detikinet.com/index.php/detik.read/tahun/2008/bulan/03/tgl/26/time/133757/idnews/913593/idkanal/399

Wah pak menteri Kominfo ini jarang online kali ya kok bisa sih meng general isir (halah susah banget bahasanya) semua situs mensyaratkan 17-18 tahun pasti porno. Padahal hampir 50 % situs, blog, forum, dan email, pendaftarannya mewajibkan umur 18 tahun. Friendster yang terkenal itu saja harus mewajibkan 18 tahun. Memang sudah bukan rahasia lagi bahwa friendster juga sering disalahgunakan untuk menyebarkan media porno bahkan menjual jasa esek-esek. Tapi apakah harus dengan memblokir situs seperti ini? Belum lagi para pelaku internet marketer dan e-commerce yang tentu saja situs pembayarannya kebanyakan mewajibkan umur 18 tahun.

Beberapa komentator berpendapat bahwa pemerintah seharusnya tidak memblokir, tapi membatasi pengaksesan media pornografi ini. Sementara komentator lain berpendapat pemerintah hanya ada kepentingan meloloskan UU ini, lihat saja masalah rokok yang benar-benar merugikan dan bisa diakses bahkan oleh anak umur 5 tahun tidak diblokir oleh pemerintah berhubung pemerintah punya kepentingan dengan para produsen rokok.  Para hacker beda lagi, langsung menghack situs depkominfo dan menampilkan foto Roy Suryo berpose waria.

Sebenarnya kalo diperhatikan UU ini bakalan menghambat para cyber crime beroperasi di Indonesia. Ini menjadikan Indonesia menjadi tempat yang lebih aman lagi untuk bernet surfing. Kebanyakan cyber crime di Indonesia adalah:

1. Pencurian Nomor Kredit (carding).
Nama dan kartu kredit orang lain yang diperoleh di berbagai tempat (restaurant, hotel, atau segala tempat yang melakukan transaksi pembayaran dengan kartu kredit) dimasukkan di aplikasi pembelian barang di internet.
2. Memasuki, Memodifikasi, atau merusak Homepage (Hacking)
Pada umumnya tindakan hacker Indonesia belum separah aksi di luar negeri. Perilaku hacker Indonesia baru sebatas masuk ke suatu situs komputer orang lain yang ternyata rentan penyusupan dan memberitahukan kepada pemiliknya untuk berhati-hati. Di luar negeri hacker sudah memasuki sistem perbankan dan merusak data base bank
3. Penyerangan situs atau e-mail melalui virus atau spamming.
Modus yang paling sering terjadi adalah mengirim virus melalui e-mail. Menurut RM Roy M. Suryo, di luar negeri kejahatan seperti ini sudah diberi hukuman yang cukup berat. Berbeda dengan di Indonesia yang sulit diatasi karena peraturan yang ada belum menjangkaunya.

Mengenai cyber crime yang lain bisa dilihat di post saya “yang patut diwaspadai selain virus”

Bagaimanapun UU ini perlu, tapi UU ini masih banyak celah dan kelemahan yang perlu digodok dengan lebih matang. Celah ini bisa dimanfaatkan para oknum polisi yang tidak bertanggung jawab untuk memeras ataupun seenaknya menangkap orang.

Selain itu UU ini akan percuma kalau dari sisi brainwarenya tidak ada pencerahan. Kalo orang udah niat ya dengan segala cara bakalan nyari jalan. Pemblokiran oleh Depkominfo pun cuma Pe-eR kecil bagi para hacker lokal yang terkenal kreatif. Dalam hitungan hari saya yakin cara penjebolan blokir ini sudah akan beredar di Internet.
Yah bagaimanapun baik teknologi maupun UU ini mempunyai dua sisi mata pedang yang membawa kebaikan maupun keburukan. Terserah kita sebagai pengguna mau memanfaatkannya untuk kebaikan atau sebaliknya?

Published in: on Maret 30, 2008 at 12:35 pm  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags: ,

Ahli Marketing Itu Seorang Penjual Aksesoris

Saya sering melewati tempatnya berjualan, sebuah lapak sederhana pada gang senggol (gang yang kalo kita lewat pasti bahu senggolan sama pinggir jalan saking sempitnya) di antara stasiun pondok cina dan pagar kampus UI Depok.

Tapi jarang saya memperhatikannya berhubung lapaknya hanya menjual aksesoris-aksesoris wanita seperti bando, bros, jepitan dan payung yang kadang barang-barangnya kita jumpai di KRL Jakarta-Bogor oleh para penjual asongan di atas kereta. Sampai kemudian ada peristiwa kecil yang mengubah pandangan saya tentang dirinya.

Waktu itu sekitar sebulan yang lalu, hujan, becek, tapi masih ada ojeg. Saya baru hendak pulang ke pondokan ketika lewat depan kiosnya dengan memakai payung saya yang sudah agak rusak. Tepat di depan kiosnya ada penjual bakso. Kebetulan karena belum makan siang dan dingin sekali, saya bermaksud hendak membelinya.

Setelah memesan untuk dibawa pulang, saya duduk di depan tempat fotocopy an sekitar dua lapak di samping lapak si abang tukang aksesoris. Ketika itu si abang mendekati saya dan berkata:

“Masih lama nunggunya mas?”

“Oh ini nunggu bakso, emang kenapa?” jawab saya

“Sini payung nya saya betulkan”

“Oh iya, berapa mas betulinnya?” saya menyodorkan payung saya

“Gak usah” kata si abang sambil mengambil payung saya dan kembali ke lapaknya

Saya kaget juga mendengarnya. Si abang ini berbaik hati menawarkan membetulkan payung saya padahal saya sama sekali tidak membeli payung di tempatnya bahkan tidak kenal sama sekali. Gratis pula, padahal sebenarnya saya mau saja memberikan 3-5 ribu kalau dia minta.

Setelah dikembalikan, sekali lagi saya pastikan dengan menanyakan “berapa bang?”

Si abang dengan senyum membalas “Gak usah” lalu dia mulai mengajarkan cara-cara melipat payung yang benar dan merawat payung agar tidak cepat rusak.

Sampai si abang selesai dan berlalu sekitar 5 menit kemudian, saya masih melongo dan hanya dapat mengucapkan terima kasih karena masih shock dengan kebaikan hati si abang.

Peristiwa ini mungkin sederhana, tapi saya banyak belajar darinya. Kita sering berbuat baik tapi kebanyakan perbuatan baik kita terhadap orang-orang yang ada kepentingan ataupun hubungan kekerabatan dengan kita.

Sekarang mari kita lihat dari sisi yang lain. Saya sering membaca “Pelanggan adalah raja” dan bagaimana melayani pelanggan di buku-buku manajemen ataupun marketing. Di perusahaan2 besar banyak para manajer yang turun tangan langsung menghadapi masalah yang dihadapi oleh customernya. Namun lihat apakah ada yang berbuat seperti si abang penjual aksesoris tadi? menawarkan bantuan pada saya yang sama sekali bukan customer nya. Jarang saya temui.
Saya yakin mungkin pendidikan si abang tidak lebih dari SMU, tindakan yang dilakukannya pun mungkin hanya didasarkan rasa ingin membantu tanpa niat mempromosikan dagangannya. Namun sejak peristiwa itu, ketika saya atau teman saya membutuhkan payung, serta merta saya pasti akan menunjuk si abang itu.

Waktu saya membeli payung saya yang sekarang pun si abang mengajarkan kembali cara melipat dan merawat payungnya. Padahal kalo mengingat-ingat, kira-kira berapa sih keuntungan si abang dari payung yang saya beli? saya yakin cuma sekitar 1000-2000 rupiah saja.

Saya ingat salah satu produsen ponsel hanya menawarkan jasa penjelasan fitur pada ponsel terbatas ponsel di atas 3 juta. Daripada para manajer marketing yang duduk di meja-meja perusahaan ponsel itu, saya lebih senang memberikan sebutan ahli marketing pada abang penjual aksesoris

Published in: on Maret 30, 2008 at 7:06 am  Comments (1)  
Tags:

Impossible is….

Waktu sholat jumat tadi di depan gw ada orang pake kaos oblong dengan tulisan di belakangnya. Tulisannya bagus juga, malah lebih bagus dibandingkan khutbahnya hehehe (Maaf pak Khotib), jadinya kurang khusyuk dengerin khutbahnya. (biasanya juga ngantuk)

Tulisannya agak2 lupa, tapi garis besarnya begini:

Impossible is just a big word thrown around by a little man who think that it is easier to live in the world’ve been given than to explore his potential to change it. Impossible is not a fact, it is an opinion, Impossible is not a declaration, it is a dare, Impossible is an opportunity, it is temporary.

Impossible is nothing, nothing is impossible

Jadi inget cerita katak zaman dulu,

Dua ekor katak berlompatan dengan riangnya di sebuah halaman rerumputan sebuah peternakan sapi. Seorang ibu yang sedang membersihkan halaman kandang yang melihat kedua katak itu berusaha mengusir dengan sebuah gagang sapu dan membuat kedua katak itu lari ketakutan.

Cepat, kearah sana”, kata salah seekor katak itu “Saya melihat tempat persembunyian yang baik dan pasti sulit dijangkau oleh gagang sapu itu” kata si katak menunjuk arah kandang sapi perah yang ada didalam peternakan tsb.
Ayo, cepat” seru si katak pertama dan keduanya melompat-lompat melompat tinggi, lebih tinggi, semakin tinggi lompatannya dan sangat tinggi kearah pagar kandang menuju tempat dimana mereka akan bersembunyi.
Plung” pada lompatan terakhir, keduanya serentak mendarat di sebuah ember yang berisi susu segar dan segera mereka berenang ke tepi ember dan berusaha untuk naik keluar dari ember itu sambil sesekali melompat, tapi tidak berhasil. “Oh kawan, habislah kita kali ini, ember aluminium ini sungguh sangat licin, rasanya tidak mungkin memanjatnya, habislah kita kali ini, kita tak bisa kemana-mana lagi, kita akan mati tenggelam disini” kata katak kedua.

Teruslah berusaha, teruslah berenang, teruslah mendayung” kata katak pertama, “pasti ada cara untuk bisa keluar dari tempat ini, ayo kita pikirkan, jangan menyerah. Mereka berduapun mendayung dan berenang kesana kemari sambil sesekali melompat berusaha melewati bibir ember.

    Setelah sekian jam mereka mendayung katak kedua mulai mengeluh lagi: “Ugh, saya sungguh lelah sekali, saya benar-benar kehabisan tenaga, susu ini kental sekali dan dan terlalu licin untuk keluar dari tempat ini.”
Ayo, teruslah berusaha, jangan menyerah” kata katak pertama memberi semangat.
Percuma saja, kita tidak akan pernah keluar hidup-hidup dari tempat ini, kita pasti mati disini keluhnya makin lemah” dan gerakan katak kedua itu makin lama makin lambat dan akhirnya tidak bergerak lagi, mati.

Sementara itu katak pertama tidak putus asa, dengan sisa-sisa tenaganya masih berenang dan terus mengayunkan tangan dan kakinya sambil sesekali tetap membuat lompatan terus mencoba melewati ember yang mengurungnya.
Saat malam menjelang pagi udara terasa sangat dingin, lamat-lamat terdengar ayam berkokok dan tanpa disadari kaki-kaki katak kedua itu serasa mendapat pijakan. Katak itu sudah tidak mendayung lagi karena kakinya terasa berdiri diatas setumpuk mentega hasil karyanya semalaman.

Dan “Plop” katak itupun membuat lompatan terakhir untuk keluar dan bebas dari ember yang mengubur temannya.

Dongeng yang penuh makna kan?

Ketika kita berpikir kita ‘bisa’ atau ketika kita berpikir kita “mustahil”, sebenarnya keduanya benar !! Otak kita secara menakjubkan akan bekerja dan menerima kemungkinan atau kemustahilan itu. Ketika otak sudah menerima sinyal kemustahilan, maka berhentilah kita, sementara ketika otak menerima kemungkinan, maka bertindaklah kita.

Mungkin tidak semua kemungkinan menjadi berhasil, tapi setidaknya akan mendekati keberhasilan

The difference between the succes and failure just ACT! and there is no act when we think it is impossible

“Terbang” dan “mendarat di bulan” adalah dua dari sekian banyak hal yang dulu dianggap mustahil, tapi sekarang menjadi mungkin. Jadi? masihkah ada yang mustahil?

Published in: on Maret 28, 2008 at 9:05 am  Comments (1)  
Tags: ,

Sebelum kamu mengeluh, pikirkan…


Hari ini sebelum kamu mengatakan kata-kata yang tidak baik,
Pikirkan tentang seseorang yang tidak dapat berbicara sama sekali.

Sebelum kamu mengeluh tentang rasa dari makananmu,
Pikirkan tentang seseorang yang tidak punya apapun untuk dimakan.


Sebelum kamu mengeluh tidak punya apa-apa,
Pikirkan tentang seseorang yang meminta-minta dijalanan.


Sebelum kamu mengeluh bahwa kamu buruk,
Pikirkan tentang seseorang yang berada pada tingkat yang terburuk didalam hidupnya.


Sebelum kamu mengeluh tentang Pasangan hidupmu,
Pikirkan tentang seseorang yang memohon kepada Tuhan untuk diberikan teman hidup.


Hari ini sebelum kamu mengeluh tentang hidupmu,
Pikirkan tentang seseorang yang meninggal terlalu cepat


Sebelum kamu mengeluh tentang anak-anakmu,
Pikirkan tentang seseorang yang sangat ingin mempunyai anak tetapi dirinya mandul


Sebelum kamu mengeluh tentang rumahmu yang kotor karena pembantumu tidak mengerjakan tugasnya,
Pikirkan tentang orang-orang yang tinggal dijalanan.


Sebelum kamu mengeluh tentang jauhnya kamu telah menyetir,
Pikirkan tentang seseorang yang menempuh jarak yang sama dengan berjalan


Dan disaat kamu lelah dan mengeluh tentang pekerjaanmu,
Pikirkan tentang pengangguran, orang-orang cacat yang berharap mereka mempunyai pekerjaan seperti mu.


Sebelum kamu menunjukkan jari dan menyalahkan orang lain,
Pikirkan  bahwa tidak ada seorangpun yang tidak berdosa.


Dan ketika kamu sedang bersedih dan hidupmu dalam kesusahan

Tersenyum dan berterima kasihlah kepada Tuhan bahwa kamu masih hidup

“Bersyukurlah padaKu, niscaya akan Aku tambahkan nikmatKu, namun barang siapa yang ingkar, sesungguhnya azabKu sangat pedih”

Published in: on Maret 26, 2008 at 4:32 am  Tinggalkan sebuah Komentar  

Long Weekend & Pulang Kampung

Hari ini gw rencana pulang ke Tasik, kampung halaman gw tersayang. Tapi gara-gara kesiangan jadinya gak jadi pulang deh.

Gw baru nyampe terminal kampung rambutan jam 10 siang dan WOW orang-orang udah pada berjubel nunggu bus.

image241.jpg     image244.jpg

Abis ngobrol sini situ sama para calon penumpang ternyata sebagian besar yang ada disitu calon penumpang yang mau ke Tasik, saingan gw. Terus kemudian baru dapet kabar bus ke Tasik gak tau kenapa terlambat. Yang biasanya hampir tiap setengah jam ada, ini sejak dari jam 8 cuma ada 2-3 bus. Woalaaaah pantesan.

Lewat jam 12 barulah dateng bus jurusan Tasik sekitar 2-3 bus. Itu juga langsung diburu-buru dan orang pada desek2an naik bus, nyampe penumpang yang mau turun juga kehalang. Kasian liat ibu-ibu hamil atau yang bawa anak kecil, panas-panas gini desek-desekan.

image235.jpg     image232.jpg

Begitu terus nyampe jam 2 siang. Tiap ada bus jurusan Tasik langsung penuh. Udah gitu penumpang yang nunggu kayaknya gak abis-abis.

Akhirnya setelah pikir-pikir ya udah deh mendingan pulang besok pagi aja, toh kalo sekarang maksain diri juga pastinya ampe di Tasik malem banget secara pasti macet sepanjang jalan, kayaknya gak bakal kurang dari 8 jam. Mana badan pasti sakit-sakit desek2an rebutan tempat duduk di bus.

Hik3x back to kostan. 20 ribu terbuang buat bolak-balik Depok-Kp Rambutan. Waktu terbuang sekitar 5 jam panas-panasan nunggu bus. Ya udah lah ambil hikmahnya aja.

Published in: on Maret 20, 2008 at 4:12 pm  Comments (2)  
Tags: ,

Mega Bazaar Computer 2008

logo_mbc2008.jpg

Hari Minggu kemaren mampir ke acara Mega Bazaar Computer 2008. Kebetulan hari terakhir plus hari Minggu, jadinya penuh banget, kayaknya jutaan orang tumplek plek di JCC.

Kalo diinget-inget kayaknya udah 2 tahun nih gak ke acara mega bazaar computer, terakhir ke mega bazaar waktu barengan sama acara pameran selular sekitar 2006.

Banyak yang berubah dari 2 tahun terakhir. Yang paling utama (dan nyebelin) tentu saja adanya HTM. Dulu gratis tis, gak perlu bayar. Sekarang dipungut biaya 5000 rupiah. Wah untung besar nih EOnya selain sewa booth dapet juga pemasukan dari HTM. Untungnya kalo mau keluar area pameran dapet cap kaya di dufan, jadi masih bisa bebas keluar masuk area pameran.

Sekarang porsi laptop/notebook sudah sangat mendominasi. Hampir setengah luas pameran diisi produk laptop dan aksesorisnya. Orang-orang yang keluar juga banyak yang menjinjing dus laptop. Sepertinya harga yang makin murah menjadikan pengguna laptop makin menjamur di Indonesia. Gw takutnya nanti fenomena laptop kaya handphone, cuma buat gaya doang dan menyampingkan kegunaan.

Perubahan lain yang juga menjadi perhatian adalah banyaknya pengunjung cewek. Kalo dulu kayaknya sekitar 80% pengunjung pameran komputer pasti cowok. Gersaaang. Kalo sekarang lebih adem, cewek banyak yang dateng, ya sekitar 40% deh. Gak cuma nganter, tapi beberapa emang niat beli, meski kebanyakan berputar di area laptop. Kalo di bagian dekstop tetep banyakan cowok.

Ada sisi minusnya pameran ini. Yang pertama gerah banget bo! Karena emang penuh pengunjung (secara hari terakhir), jadinya sistem pendinginnya gak maksimal, ya panas lah yang kerasa.

yang kedua udah panas susah banget cari minum. Area food court nya jelas2 bakalan bikin kantong nangis, mestinya ada jualan soft drink juga yang harganya standar.

Trus yang terakhir langkanya ATM. Entah orang-orang udah terbiasa transaksi pake gesekan (kartu kredit/debet maksudnya) atau bawa uang cash gede-gede. Tapi yang gw temuin cuma satu ATM BRI. Mana kebetulan gak bawa cash lagi, gagal deh beli tas laptop baru. Pelajaran: lain kali bawa cash yang lumayan daripada lo manyun

Tambahan: sempet ngiler liat VGA card HD 3870×2 cross fire. Ukuran VGAnya ngalah-ngalahin Motherboard, casing CPU & kipas pendingin extra gede plus banyak selang pendingin tambahan. Kata sodara gw yang kebetulan ikut harganya sebanding motor Tiger baru WEKS!!. Sempet gw foto juga, lumayan buat LoA hehehe
hd-3870x2.jpg

Published in: on Maret 17, 2008 at 8:18 am  Comments (2)  
Tags: ,

Superhero menolak ke Indonesia

Dengan meningkatnya tingkat kriminalitas di ibukota dewasa ini, pemerintah Indonesia telah mengirimkan proposal penawaran kerja sam kepada sejumlah superhero dari DC dan Marvel. Proposal ini menawarkan suatu bentuk kerjasama dimana para superhero diminta kesediaannya untuk bekerja di Indonesia kerjasama dengan Mabes Polri untuk memerangi kriminalitas yang marak terjadi di kota2 besar Indonesia, khususnya Jakarta.Tetapi tidak diduga sejumlah besar superhero MENOLAK ajakan kerjasama ini.
Berikut adalah alasan penolakan tersebut, yang mana membuat Indonesia TERSINGGUNG BERAT, tapi merelakan. Yah mau gimana lagi??
1. BATMAN (Bruce Wayne)
Bruce Wayne menolak ajakan kerjasama ini dengan alasan yang terlalu dibuat-buat. ALasan beliau adalah
DIA KEBERATAN MENANGGUNG PAJAK IMPOR BAT-MOBILE KE INDONESIA. BAYANGIN AJA PAJAK IMPOR MOBIL MEWAH YANG SELANGIT, APALAGI UNTUK BAT-MOBILE YANG SECANGGIH ITU
2. SPIDERMAN (Peter Parker)
Parker juga menolak ajakan kerjasama ini dengan alasan
DI INDONESIA HANYA ADA SEDIKIT SEKALI GEDUNG TINGGI, YANG MENYULITKAN DIA UNTUK BERGELANTUNGAN DARI GEDUNG KE GEDUNG. KALAUPUN ADA GEDUNG TINGGI, JARAKNYA TERLALU BERJAUHAN, SEHINGGA SANGAT MENYULITKAN. BELUM LAGI SAAT BERGELANTUNGAN, DIA TAKUT KECANTOL KABEL LISTRIK, LAYANG-LAYANG, DAN KABEL TELEPON YANG BANYAK BERSERAKAN DI LANGIT2 KOTA BESAR INDONESIA

3. INVISIBLE GIRL (Susan Storm)
Menolak dengan alasan MINDER. Kemampuan menghilang yang dimilikinya masih jauh kalah dengan kemampuan menghilang orang2 Indonesia. Berikut wawancara yang dilakukan dengan Ceu E En
SAYA SIH HANYA BISA MENGHILANGKAN DIRI SAYA SENDIRI. BANYAK ORANG DI INDONESIA YANG BUKAN HANYA BISA MENGHILANGKAN DIRI SENDIRI, MALAHAN HUTANG, ASSET2 NEGARA YANG PERNAH DIKUASAI, SAMPAI HUTANG2 KORUPSI PUN BISA DIHILANGKAN JUGA. JADI SAYA MINDER NIH…..

4. THE THING (Ben Grimm)
Menolak dengan alasan:
DI INDONESIA SUDAH BANYAK ORANG DENGAN KULIT YANG LEBIH TEBAL DARI SAYA. BUKAN HANYA KEBAL PELURU, MALAHAN SUDAH KEBAL MALU SEGALA.

5. HUMAN TORCH (Johnny Storm)
Menolak juga sama dengan anggota2 Fantastic 4 yang lain, karena
BELUM JUGA MULAI BEKERJA, DIA UDAH MENDAPAT PANGGILAN DARI KEJAGUNG KARENA DICURIGAI MENJADI DALANG TERBAKARNYA BEBERAPA PASAR DI INDONESIA.

6. THE FLASH (Barry Allen)
Sebenarnya Allen sudah mempertimbangkan untuk menerima proposal ini, tetapi setelah melakukan survey ke berbagai lembaga pemerintahan dia akhirnya menolak.
BAYANGKAN AJA, UNTUK MENDAPATKAN TANDA TANGAN KTP AJA ORANG HARUS MENUNGGU BERHARI-HARI. ITU AJA MASIH SABAR. JADI KESIMPULAN SAYA, ORANG INDONESIA TIDAK MEMERLUKAN SEORANG SUPERHERO YANG MEMILIKI KEKUATAN BERUPA KECEPATAN. KECEPATAN TIDAK ADA ARTINYA BUAT BANGSA YANG ALON2 ASAL KELAKON.

7. SUPERMAN (Clark Kent)
Sang manusia baja ini menolak dengan sopan, karena
SAYA TAKUT DISANGKUTKAN DENGAN TUNTUTAN MELAKUKAN AKSI PORNOGRAFI/PORNOAKSI KARENA CELANA DALAM SAYA DI LUAR.

8. AQUAMAN
Merasa tidak kuat setelah mencoba pekerjaan baru di Indonesia, karena LAUTNYA UDAH TERCEMAR LUMPUR LAPINDO

9. WONDER WOMAN
Pada mulanya, sang peace ambassador dari amazon ini merasa yakin bisa membantu pemerintah Indonesia. Tetapi setelah pengamatan lebih lanjut, dia akhirnya menolak juga dengan alasan
SELAIN TAKUT DITUNTUT MELAKUKAN AKSI PORNOAKSI, JUGA TAKUT BAKALAN DIPROTES FPI.

10 CAT WOMAN
Menolak setelah ketakutan mendengar lagu KUCING GARONG

11. GHOST RIDER

Menolak karena diancam Tim Pemburu Hantu bakalan dikembalikan ke akhirat

12. IRON MAN

Menolak mendengar maraknya kasus pencurian rel kereta di Indonesia, Iron Man khawatir armor nya dipreteli trus dijual di pasar loak

13. BEAST & NIGHTCRAWLER

Entah kenapa membatalkan kontrak setelah melihat empat mata show. Beberapa pengamat mengatakan mereka minder setelah melihat Tukul

14. HULK

Menolak dengan alasan takut kena busung lapar dan jadi kurus

15.THOR

Karena harga listrik naik, Thor takut dikenakan tagihan yang bakal mencekik. Sementara persediaan listrik yang terbatas bikin kekuatan Thor byar-pret

Published in: on Maret 13, 2008 at 5:12 pm  Comments (3)  
Tags:

Yang Patut Diwaspadai Selain Virus

Segala macam program yang merusak atau mengganggu system kita umumnya kita sebut virus. Sebenarnya keliru karena istilah sebenarnya adalah Malicious Software atau biasa disebut Malware. Malware adalah program komputer yang di ciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau Operating System.

Malware terdiri dari berbagai macam, yaitu:

Virus
Malware jenis ini memiliki kemampuan reproduksi dengan cara menginfeksi program lain (menjadi parasit) dan bisa juga dengan mereplikasi dirinya.Berdasarkan judulnya dan mengingat virus sudah cukup banyak dibahas, virus kita bahas sampai sini saja.

Trojan Horse
Nama program ini diambil dari legenda Yunani-Troya (kalo gak tau nonton aja acting Bradd Pitt & Orlando Bloom di TROY). Sebagaimana legenda tersebut, Trojan Horse umumnya dikemas dalam bentuk sebuah program yang menarik, sehingga pengguna komputer yang mendapatkan file ini umumnya akan terpancing untuk menjalankannya. Namun dibalik daya tarik software tersebut, tersembunyi program lain yang akan merusak system. Trojan Horse tidak memiliki kemampuan untuk menggandakan dirinya ke program lain, ini yang membedakan Trojan Horse dengan virus ataupun worm dalam.

Namun tingkat bahaya Trojan Horse harus diwaspadai sebagaimana virus. Hal ini karena Trojan Horse juga dikenal dengan sifatnya dalam menciptakan backdoor, yang akan memberikan akses komputer kita kepada orang lain. Jadi hati-hati bila baru menginstall suatu aplikasi (apalagi gratisan), karena bisa saja disisipi oleh Trojan + Backdoor sehingga suatu saat orang lain akan dapat melihat dan mengambil data-data kita. Apalagi bila di komputer kita terdapat dokumen rahasia yang penting.

Worm
Sebagaimana namanya worm umumnya tidak merusak system, tapi dia sanggup menggandakan dirinya. Hasilnya? Harddisk penuh sesak dan bikin komputer lemot. Gak cukup hanya komputer sendiri, Worm akan menggandakan diri dengan mengirimkan filenya secara otomatis melalui attachment ke setiap alamat yang ada dalam address book pada software e-mail korban. Selain itu tentunya worm akan menyebabkan beban kerja mailserver melonjak drastis hingga dapat mempengaruhi performanya, bahkan crash dan harus restart. Worm dapat juga merusak jika di dalamnya terdapat kode-kode perusak yang umumnya ada di virus.

Dari segi desain, worm ini identik dengan virus, namun tidak sama dengan virus. Perbedaannya terletak pada cara bereproduksi (spread action), dimana worm bereproduksi tidak dengan cara infeksi tetapi dengan cara menggandakan diri (self copy) dan biasanya tidak bersifat polymorphic (berubah-ubah), sehingga mudah dideteksi oleh antivirus maupun removal. Jenis malware inilah bentuk sebenarnya dari brontok, decoil, kangen. (jadi lain kali jangan sebut “komputer gw kena virus kangen, bisa malu-maluin)

Ancaman Lain

Selain Malware diatas ada beberapa varian lain yang meskipun tidak terlalu berbahaya tapi dianggap sesuatu yang dapat mengganggu daya kerja komputer kita

Adware
Program yang memunculkan pop-up iklan atau iklan yang tersembunyi yang dimasukkan oleh pembuat program ke dalam sebuah program lainnya. Biasanya program tersebut adalah program yang freeware ataupun shareware. Jadi pengguna terpaksa menerima iklan tersebut.

Spyware
Program yang memata-matai kegiatan online kita lalu mengirimkan hasi pantauannya ke host server spyware tersebut. Program ini bekerja secara otomatis pada saat kita browsing internet. Sebagaimana adware program ini datang dari freeware dan shareware. Program ini akan bekerja terus-menerus saat kita online atau menggunakan internet browser (mozilla, IE, Opera), ada pula beberapa yang menggubah/mengganti file system windows. Hal ini akan menambah beban kerja windows sehingga menjadi lebih lambat
Browser Hijacker
Apabila pada saat kita start browser kita, default page yang sudah kita set sebelumnya misalnya ke http://www.ramdani1428.wordpress.com. Artinya setiap kali kita buka browser kita, akan menampilkan blog ini. Namun browser hijacker akan mengubah ini sehingga tiba-tiba suatu hari, pada saat kita jalankan browser, ternyata malah menampilkan situs yang lain. Misalnya http://www.blablabla.com, Atau contoh lainnya adalah ada tambahan di bagian search dari browser kita, ada shortcut yang baru di desktop kita, ada tambahan situs baru di bagian menu favorites yang tidak kita tambahkan sendiri. Itu artinya komputer kita sudah terjangkit Browser hijacker

Dialer
Malware ini memasukkan fungsi otomatis untuk koneksi internet, bahkan secara diam-diam program dapat aktif sendiri. Hasilnya? jatah internet Anda mendadak membengkak, atau pengguna telkomnet instan akan dapet rekening telefon yang bikin serangan jantung, sehingga malware jenis ini merugikan kita dari sisi ekonomi.

Drive-by Downloads
Program jahat ini melakukan instalasi program tanpa sepengetahuan pemilik komputer.

Homepage Hijacking
Hampir mirip dengan Browser Hijackers, malware jenis ini mengganti alamat homepage pada default browser dan tidak dapat diubah walaupun Anda sudah melakukan setting ulang. Malware begini ini paling banyak dibuat. Benar-benar bikin repot.

Keylogger
Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.

Retrospies
Ini sejenis program yang berdaya guna mematikan anti spyware.

Scumware
Program yang tidak diinginkan dan masuk ke komputer tanpa ijin.

Search Hijackers
Sama dengan malware hijackers, kali ini sasarannya search engine pada browser. Program biasanya menampilkan begitu banyak pop up iklan yang tidak karuan.

Surveillance Software
Inilah jenis malware yang sangat berbahaya. Iblis ini mencatat kegiatan pada sebuah komputer termasuk data penting, password dan lainnya. Program ini termasuk cerdas juga, karena data baru akan terkirim bila sang korban selesai melakukan aktivitas berinternet.

Thiefware
Jenis malware ini mengarahkan pengunjung situs dan mengarahkan ke situs lain yang mereka kehendaki. Meski cara tersebut tidak dilarang, namun sangat mengganggu dan sangat kasar.

Cookies
Sebenarnya diciptakan untuk disimpan pada sistem untuk mempermudah mengakses kembali ada yang menyalahgunakannya untuk mengambil data situs yang diakses pengguna sehingga mengetahui rahasia pengguna.

 

Berikut ini bukan program tapi email yang diterima

Spam
Email yang tidak diinginkan kehadirannya yang dikirim dalam jumlah yang banyak berisi hal-hal yang kurang disukai, penawaran barang tanpa permintaan dari penerima, atau mengganggu penerima email. Dirasakan mengganggu, membuang waktu, membebani server, dan akan memenuhi ruang email. Laporkan dengan mengklik tombol spam pada bagian atas email (pada yahoo). SPAM ini agak subjektif, jadi berhati-hatilah saat mengirim email. Email yang anda rasa biasa saja dapat dirasakan orang lain sebagai SPAM.

HOAX
Email/berita yang memperingatkan akan adanya ancaman dari suatu virus komputer atau warning sejenis lainnya. Namun demikian, seringkali warning ini tidaklah benar adanya, melainkan sekedar ingin membuat orang menjadi cemas dan panik. Hoax biasanya meminta penerima email agar menyebarkannya, sehingga lalu lintas peredaran data di internet menjadi makin padat.

Contoh HOAX: This information arrived this morning, from Microsoft and Norton. Please send it to everybody you know who accesses the Internet. You may receive an apparently harmless email with a PowerPoint presentation called “Life is beautiful.pps.” If you receive it DO NOT OPEN THE FILE UNDER ANY CIRCUMSTANCES, and delete it immediately. If you open this file, a message will appear on your screen saying: “It is too late now, your life is no longer beautiful”, subsequently you will LOSE EVERYTHING IN YOUR PC and the person who sent it to you will gain access to your name, email and password. This is a new virus which started to circulate on Saturday afternoon. WE NEED TO DO EVERYTHING POSSIBLE TO STOP THIS VIRUS. UOL has already confirmed its dangerousness, and the antivirus Softs are not capable of destroying it. The virus has been created by a hacker who calls himself “life owner”, and who aims to destroying domestic PCs and who also fights Microsoft in court! That’s why it comes disguised with extension pps. He fights in court for the Windows-XP patent.
MAKE A COPY OF THIS EMAIL TO ALL YOUR FRIENDS.

Fight all!!

Published in: on Maret 11, 2008 at 1:52 pm  Comments (2)  
Tags: , , ,

Tanda-tanda Komputer Kena Virus & Penanggulangannya

Guys, tau donk yang namanya virus komputer. Paling enggak, tau hasil dari kerjaanya yang bikin pusing, dongkol, kesel n jengkel. Gara-gara yang namanya virus komputer file kerjaan ilang, komputer quad core jadi selemot 386, suka restart sendiri, bahkan nyampe yang ekstrem banget: ngerusak hardware!

Pertama-tama untuk mendeteksi virus, kenali dulu tanda-tanda komputer yang kena virus!

  1. Komputer mulai berjalan sangat lambat.Kalo cuma buka aplikasi ringan aja butuh waktu menitan, ini tanda paling umum komputer udah terinfeksi
  2. Muncul file-file aneh. Misalnya di folder tertentu muncul file-file yang gak kita inget kapan naronya. Apalagi kalo udah extensinya yang aneh atau gak sesuai dengan iconnya (icon Ms Word tapi application?). Ataupun ada folder yang muncul dalam folder dengan nama sama
  3. Komputer suka restart sendiri. Apalagi jika kita masuk ke program antivirus, task manager, msconfig, Regedit, atau program lain yang seharusnya bisa dijalankan secara wajar (Kok komputer saya waktu jalanin game Crysis suka restart sendiri? Ya Iyalah, itu mah komputer nya aja yang gak kuat, neng.)
  4. Hilangnya beberapa option di komputer. Misalnya Folder option, Regedit, Run, command prompt. Atau apabila sudah melakukan perubahan, tapi gak ngefek. Misal di folder option “show hidden file” udah kita checklist (Baca: ceklis) tapi pas di OK eh hidden filenya gak tetep gak keliatan.
  5. Muncul pesan-pesan aneh gak jelas. (yang udah keinfeksi louhan tau deh pasti)
  6. Program antivirus gak bisa jalan.

APA YANG MESTI KITA LAKUKAN?

  1. Perkirakan asal virus. Virus gak akan ujug-ujug muncul di komputer, (virus gak nganut generation spontaneous), pasti asalnya dari luar komputer/system kita. Kira-kira kemaren abis install sesuatu? Download? connect (baca: konek) ke internet/LAN? masukin disket? (hari genee masih pake disket??) nancepin flashdisk? kesemuanya adalah sumber virus. Kalo kira-kira udah ketemu di lain waktu berhati-hatilah.
  2. Install/Scan/Update Antivirus. Yang pertama upaya yang perlu kita lakukan adalah install antivirus buat yang belum ada. yang udah ada? segera full scan komputer. Masih gak keditek (baca: ke detect)? update antivirus anda! Perlu gak sih update virus? Ya iya lah. Tiap hari kira-kira ada 10 varian virus baru yang tercipta. Kalo gak update ya siap-siap aja. Antivirus mahal? gak mau pake bajakan? udah ada banyak kok antivirus free macam AVG, PCMAV, Antivir. Beberapa produsen antivirus pun udah mulai merilis free edition nya. Yang murah ada juga kok, mulai dari 50.000/tahun juga ada.
  3. Biasanya virus yang mencurigakan udah dapat keditek meskipun gak bisa dihilangkan. Pilihannya: kirim contoh virus ke produsen antivirus untuk dianalisis dan dibuatkan vaksinnya, atau browsing di internet buat cari cara penanggulangannya.
  4. Konsultasi ke para ahli. Maksudnya ahli disini teman, sodara, orang tua, istri, suami, anak, yang suka otak-atik komputer atau sebagian harinya dihabiskan di depan komputer buat nanggulangin masalah virus ini. Kalo di kantor sih contact aja bagian IT nya. Jangan lupa kasi uang ala kadarnya, atau kalo gak enak, traktir makan, beliin coklat, kasi pinjem DVD dan lainnya.
  5. Buat yang udah ahli ya bisa cari dan tanggulangi virus itu sendirian . Safe mode> cari dan basmi virus yang ada.

Last Resort: Pilihan terakhir kalo udah ngelakuin itu semua tapi si virus masih pada nempel di komputer tersayang kita, coba cara terakhir yang biasanya ampuh: Install ulang Windows anda!

Yang perlu diperhatikan saat install ulang windows:

  1. Siapkan CD Windows (ya iyalah),
  2. CD software (biasanya pinjem dari para “ahli” diatas), dan
  3. CD driver komputer & hardware anda. Kalo “duh udah ilang” atau “udah gak tau dimana tuh” coba cari teman yang pake komputer yang sama atau download di internet. Yang penting tau jenis, merk, varian dan seri hardware anda, masuk ke website produsennya trus download deh

Slamat membasmi virus…………

Weiiits jangan berhenti dulu, ancaman buat komputer anda tidak cuma virus, baca post berikutnya: “Yang patut diwaspadai selain virus”! Kalo kamu2 masih mengira bahwa Rontokbro atau kangen itu virus, kamu perlu baca!

Published in: on Maret 11, 2008 at 11:26 am  Comments (2)  
Tags: , ,