Yang Patut Diwaspadai Selain Virus

Segala macam program yang merusak atau mengganggu system kita umumnya kita sebut virus. Sebenarnya keliru karena istilah sebenarnya adalah Malicious Software atau biasa disebut Malware. Malware adalah program komputer yang di ciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau Operating System.

Malware terdiri dari berbagai macam, yaitu:

Virus
Malware jenis ini memiliki kemampuan reproduksi dengan cara menginfeksi program lain (menjadi parasit) dan bisa juga dengan mereplikasi dirinya.Berdasarkan judulnya dan mengingat virus sudah cukup banyak dibahas, virus kita bahas sampai sini saja.

Trojan Horse
Nama program ini diambil dari legenda Yunani-Troya (kalo gak tau nonton aja acting Bradd Pitt & Orlando Bloom di TROY). Sebagaimana legenda tersebut, Trojan Horse umumnya dikemas dalam bentuk sebuah program yang menarik, sehingga pengguna komputer yang mendapatkan file ini umumnya akan terpancing untuk menjalankannya. Namun dibalik daya tarik software tersebut, tersembunyi program lain yang akan merusak system. Trojan Horse tidak memiliki kemampuan untuk menggandakan dirinya ke program lain, ini yang membedakan Trojan Horse dengan virus ataupun worm dalam.

Namun tingkat bahaya Trojan Horse harus diwaspadai sebagaimana virus. Hal ini karena Trojan Horse juga dikenal dengan sifatnya dalam menciptakan backdoor, yang akan memberikan akses komputer kita kepada orang lain. Jadi hati-hati bila baru menginstall suatu aplikasi (apalagi gratisan), karena bisa saja disisipi oleh Trojan + Backdoor sehingga suatu saat orang lain akan dapat melihat dan mengambil data-data kita. Apalagi bila di komputer kita terdapat dokumen rahasia yang penting.

Worm
Sebagaimana namanya worm umumnya tidak merusak system, tapi dia sanggup menggandakan dirinya. Hasilnya? Harddisk penuh sesak dan bikin komputer lemot. Gak cukup hanya komputer sendiri, Worm akan menggandakan diri dengan mengirimkan filenya secara otomatis melalui attachment ke setiap alamat yang ada dalam address book pada software e-mail korban. Selain itu tentunya worm akan menyebabkan beban kerja mailserver melonjak drastis hingga dapat mempengaruhi performanya, bahkan crash dan harus restart. Worm dapat juga merusak jika di dalamnya terdapat kode-kode perusak yang umumnya ada di virus.

Dari segi desain, worm ini identik dengan virus, namun tidak sama dengan virus. Perbedaannya terletak pada cara bereproduksi (spread action), dimana worm bereproduksi tidak dengan cara infeksi tetapi dengan cara menggandakan diri (self copy) dan biasanya tidak bersifat polymorphic (berubah-ubah), sehingga mudah dideteksi oleh antivirus maupun removal. Jenis malware inilah bentuk sebenarnya dari brontok, decoil, kangen. (jadi lain kali jangan sebut “komputer gw kena virus kangen, bisa malu-maluin)

Ancaman Lain

Selain Malware diatas ada beberapa varian lain yang meskipun tidak terlalu berbahaya tapi dianggap sesuatu yang dapat mengganggu daya kerja komputer kita

Adware
Program yang memunculkan pop-up iklan atau iklan yang tersembunyi yang dimasukkan oleh pembuat program ke dalam sebuah program lainnya. Biasanya program tersebut adalah program yang freeware ataupun shareware. Jadi pengguna terpaksa menerima iklan tersebut.

Spyware
Program yang memata-matai kegiatan online kita lalu mengirimkan hasi pantauannya ke host server spyware tersebut. Program ini bekerja secara otomatis pada saat kita browsing internet. Sebagaimana adware program ini datang dari freeware dan shareware. Program ini akan bekerja terus-menerus saat kita online atau menggunakan internet browser (mozilla, IE, Opera), ada pula beberapa yang menggubah/mengganti file system windows. Hal ini akan menambah beban kerja windows sehingga menjadi lebih lambat
Browser Hijacker
Apabila pada saat kita start browser kita, default page yang sudah kita set sebelumnya misalnya ke http://www.ramdani1428.wordpress.com. Artinya setiap kali kita buka browser kita, akan menampilkan blog ini. Namun browser hijacker akan mengubah ini sehingga tiba-tiba suatu hari, pada saat kita jalankan browser, ternyata malah menampilkan situs yang lain. Misalnya http://www.blablabla.com, Atau contoh lainnya adalah ada tambahan di bagian search dari browser kita, ada shortcut yang baru di desktop kita, ada tambahan situs baru di bagian menu favorites yang tidak kita tambahkan sendiri. Itu artinya komputer kita sudah terjangkit Browser hijacker

Dialer
Malware ini memasukkan fungsi otomatis untuk koneksi internet, bahkan secara diam-diam program dapat aktif sendiri. Hasilnya? jatah internet Anda mendadak membengkak, atau pengguna telkomnet instan akan dapet rekening telefon yang bikin serangan jantung, sehingga malware jenis ini merugikan kita dari sisi ekonomi.

Drive-by Downloads
Program jahat ini melakukan instalasi program tanpa sepengetahuan pemilik komputer.

Homepage Hijacking
Hampir mirip dengan Browser Hijackers, malware jenis ini mengganti alamat homepage pada default browser dan tidak dapat diubah walaupun Anda sudah melakukan setting ulang. Malware begini ini paling banyak dibuat. Benar-benar bikin repot.

Keylogger
Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.

Retrospies
Ini sejenis program yang berdaya guna mematikan anti spyware.

Scumware
Program yang tidak diinginkan dan masuk ke komputer tanpa ijin.

Search Hijackers
Sama dengan malware hijackers, kali ini sasarannya search engine pada browser. Program biasanya menampilkan begitu banyak pop up iklan yang tidak karuan.

Surveillance Software
Inilah jenis malware yang sangat berbahaya. Iblis ini mencatat kegiatan pada sebuah komputer termasuk data penting, password dan lainnya. Program ini termasuk cerdas juga, karena data baru akan terkirim bila sang korban selesai melakukan aktivitas berinternet.

Thiefware
Jenis malware ini mengarahkan pengunjung situs dan mengarahkan ke situs lain yang mereka kehendaki. Meski cara tersebut tidak dilarang, namun sangat mengganggu dan sangat kasar.

Cookies
Sebenarnya diciptakan untuk disimpan pada sistem untuk mempermudah mengakses kembali ada yang menyalahgunakannya untuk mengambil data situs yang diakses pengguna sehingga mengetahui rahasia pengguna.

 

Berikut ini bukan program tapi email yang diterima

Spam
Email yang tidak diinginkan kehadirannya yang dikirim dalam jumlah yang banyak berisi hal-hal yang kurang disukai, penawaran barang tanpa permintaan dari penerima, atau mengganggu penerima email. Dirasakan mengganggu, membuang waktu, membebani server, dan akan memenuhi ruang email. Laporkan dengan mengklik tombol spam pada bagian atas email (pada yahoo). SPAM ini agak subjektif, jadi berhati-hatilah saat mengirim email. Email yang anda rasa biasa saja dapat dirasakan orang lain sebagai SPAM.

HOAX
Email/berita yang memperingatkan akan adanya ancaman dari suatu virus komputer atau warning sejenis lainnya. Namun demikian, seringkali warning ini tidaklah benar adanya, melainkan sekedar ingin membuat orang menjadi cemas dan panik. Hoax biasanya meminta penerima email agar menyebarkannya, sehingga lalu lintas peredaran data di internet menjadi makin padat.

Contoh HOAX: This information arrived this morning, from Microsoft and Norton. Please send it to everybody you know who accesses the Internet. You may receive an apparently harmless email with a PowerPoint presentation called “Life is beautiful.pps.” If you receive it DO NOT OPEN THE FILE UNDER ANY CIRCUMSTANCES, and delete it immediately. If you open this file, a message will appear on your screen saying: “It is too late now, your life is no longer beautiful”, subsequently you will LOSE EVERYTHING IN YOUR PC and the person who sent it to you will gain access to your name, email and password. This is a new virus which started to circulate on Saturday afternoon. WE NEED TO DO EVERYTHING POSSIBLE TO STOP THIS VIRUS. UOL has already confirmed its dangerousness, and the antivirus Softs are not capable of destroying it. The virus has been created by a hacker who calls himself “life owner”, and who aims to destroying domestic PCs and who also fights Microsoft in court! That’s why it comes disguised with extension pps. He fights in court for the Windows-XP patent.
MAKE A COPY OF THIS EMAIL TO ALL YOUR FRIENDS.

Fight all!!

Published in: on Maret 11, 2008 at 1:52 pm  Comments (2)  
Tags: , , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://ramdani1428.wordpress.com/2008/03/11/yang-patut-diwaspadai-selain-virus/trackback/

RSS feed for comments on this post.

2 KomentarTinggalkan komentar

  1. Artikel yang bagus juga…

    Hidup Virus Indonesia.. !!

    Walah,,, :p


    Thanx. Virus Indonesia terkenal kreatif dan sulit dikenali antivirus luar karena bukannya menyelusup melalui celah keamanan windows, tapi memanfaatkan kelengahan pengguna yang biasa asal click/download

  2. Untuk ANTI nya dikasih Link download nya juga dong Bos biar lebih lengkap..

    GOOD LUCK Bro!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: