Penutupan youtube akibat Menkominfo berlebihan

Sungguh aneh rasanya sementara pemerintah dan tokoh agama menyerukan agar tidak menyikapi maraknya film fitna secara berlebihan, Menkominfo sebagai tangan pemerintah malah berlebihan dalam menyikapinya.

Dimulai dengan mengirim email peringatan kepada pengelola youtube dan para Internet Service Provider agar memblokir situs dan blog yang menyebarkan film Fitna (dapat dibaca di sini) . Lalu kemudian balasan youtube yang menyambut dingin ancaman pemerintah (dapat dibaca disini). Hingga akhirnya hari ini (5 April 2008) pemerintah memblokir akses youtube pada beberapa ISP Indonesia (dapat dibaca di sini).

Tidak cukup dengan youtube tingkah Menkominfo ini membuat salah satu ISP ketakutan dan menutup akses ke beberapa situs lainnya yang saya yakin teman-teman pasti sering menggunakannya yaitu Metacafe, MySpace, Multiply, dan Rapidshare. (dapat dibaca di sini)

Dan sebagaimana saya sampaikan pada post UU ITE, kalau sudah niat, orang pasti nyari sejuta jalan buat dapetinnya. Dan dalam hitungan jam sudah beredar cara akses ke youtube (kalo saya muat di blog ini ntar blognya ikut-ikutan diblokir, teman-teman cari sendiri aja ya).

Duh menkominfo, kalo blokir peredaran film fitna sih saya dukung aja, tapi mengapa sampai memblokir akses ke situs-situs penting ini sih? Tidak efektif dan malah mengembalikan kita ke zaman orde baru dulu. Semua akses ke informasi pemerintah yang atur biar pemerintah bisa atur informasi yang kita dapat dan akhirnya mengatur opini kita.

Mana nih kebebasan? Ini malah jadi kebebasan yang kebablasan. Tapi yang kebablasan bukan kita melainkan menkominfo yang terlalu bebas membatasi kebebasan. Duh pusing!

Published in: on April 5, 2008 at 3:54 pm  Comments (2)  
Tags: , ,

The URI to TrackBack this entry is: https://ramdani1428.wordpress.com/2008/04/05/penutupan-youtube-akibat-menkominfo-berlebihan/trackback/

RSS feed for comments on this post.

2 KomentarTinggalkan komentar

  1. Gue nggak habis pikir pak menteri kan punya staf banyak yang “orang TI” tapi kok dangkal dalam mengambil keputusan. Pak menteri mngambil keputusan dalam lingkup yang sangat sempit.

    Kalo situs porno yang ditutup gue sih nggak terlalu pusing tapi penutupan situs:

    * Youtube
    * MySpace
    * Metacafe
    * Rapidshare
    * Multiply
    * Liveleak

    * Themoviefitna.com

    bikin gue pusing masalahnya file-file penting gue banyak simpan di rapidshare,
    gue kagak pusingin film fitna, yang gue pusingin file-file gue jadi lenyap, ……….

    duh…………… BANGSAT…………………………………………

    Re:
    Idem mas.

  2. Hik. kmaren gw coba akses rapidshare & multiply dan… ternyata speedy resmi ikut blokir situs-situs ini.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: