U can do this to postpone Global Warming

Yup kedatangan global warming atau pemanasan global makin parah aja. Siang ini saja rasanya panaaaas banget. Berdiri di bawah sinar matahari pasti bikin pusing. Global warming mungkin akan sulit untuk dicegah (prevent) tapi masih bisa kita upayakan untuk kita tunda (postpone)

Caranya?

Smat Saving:

1. Memilih teknologi terbaru yang membutuhkan energi sedikit namun tetap nyaman. Atau, ganti lampu hemat listrik. Menggunakan energi dengan bijaksana akan mengurangi kebocoran energi yang tidak perlu.

2. Lebih sedikit gunakan kendaraan dalam perjalanan singkat atau dekat. Jalan kaki, kayuh sepeda, naik mobil beramai-ramai, dan kendaraan umum, selain akan menghemat pengeluaran transport Anda, tentu saja mengurangi karbondioksida. Sekaligus olah raga, kan?

3. Periksa ban kendaraan Blazer Anda. Menjaga kesehatanï ban Blazer Anda secara teratur mengurangi 10 kg karbondioksida di atmosfer.

4. Daur ulang sering-sering. Anda bisa menghemat 1200 kg karbondioksida per tahun HANYA dengan mendaur ulang setengah sampah kertas Anda sehari.

5. Butuh air hangat untuk mandi, air panas untuk minum kopi dan teh, atau mencuci pakaian? Gunakan secukupnya dan Anda mengurangi 420 kg karbondioksida per tahun. Banyak, kan?
6. Hindari membeli produk dengan bungkus berlapis-lapis. Tahukah Anda, setiap kali Anda mengurangi 10% sampah saja, Anda sudah mengurangi 600 kg karbondioksida.
7. Tanam pohon, tentu saja. Bayangkan, satu pohon saja bisa menghisap 1 ton karbondioksida sepanjang hidupnya.
8. Matikan alat elektronik! TV, DVD, VCD, MP3, stereo, komputer, games, ketika Anda tidak sedang menggunakannya. Anda menghemat beribu-ribu kg karbondioksida per tahun. Tak perlu dipindahkan ke posisi stand-by atau memasang timer karena listrik masih tetap mengalir. Jadi, padam sama sekali.

Thanks to WWF-indonesia

Published in: on Mei 18, 2008 at 3:25 pm  Comments (2)  
Tags:

The URI to TrackBack this entry is: https://ramdani1428.wordpress.com/2008/05/18/u-can-do-this-to-postpone-global-warming/trackback/

RSS feed for comments on this post.

2 KomentarTinggalkan komentar

  1. wah 3x, kayanya gampang2-susah nih…

    yang saya mau tanya, anda bisa nulis angka2 gini dari mana asalnya?…

    apa itu global warming? mungkin aja ada perbedaan maksud…

    nomer 3. ban mobil, itu gimana caranya? kilo2 gitu ngitungnya
    gimana? cara tau ban sehat apa sakit udah ada?…

    nomer 4. daur ulang, gimana cara daur ulang sampah kertas kita ? sampah lainnya bebas dibuang?…

    nomer 5. air panas? kok bisa air panas bikin global warming(apa itu global warming?) panas bumi yang bermanifestasi jadi sumber air pana alami berapa kilo?

    karbondioksida dalam kilogram? kok bisa itung segitu banyak, dikali sekian milyar manusia trus gimana?

    nomer 6. ga kongkrit ama nomer 4. setengah sampah 1200, 10% 600?

    nomer 7. kira2 pake itungan kasar dari satelit daerah yang masih jadi hutan berapa, dikali 1 ton. diambil dah dari hasil itungan karbondiokda sekian milyar orang+industri+alam+lain2. udah klop?

    nomer 8. itu gimana itungannya? apa starter listrik pertama kali lebih hemat dari stanby? klo kita nyampe rumah yang gelap, pasti kita langsung nyalain semuanya kan? makanya bisa ngejeglek klo baru nyalain alat2 listrik…

  2. Ya, bukan hanya di daerah perkotaan, panas sudah masuk ke pedesaan…. Coba ya, wktu aku bca point ke-7 global warning aku susah ngebayanginya, berton-ton lagi. Btw, tulisnnya bisa dijadikn informasi n masukan berharga bagi pembacanya….


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: