Kenapa MUI dan Pemerintah Masih Ragu Melarang Atau Menjatuhkan Fatwa Haram Terhadap Rokok?

Ya, isu pelarangan rokok mulai merebak lagi. Dimulai dengan kedatangan Seto Mulyadi dan Komisi Perlindungan Anak Indonesia ke kantor pusat MUI untuk meminta MUI mengeluarkan fatwa haram untuk merokok sebagai perwujudan perlindungan terhadap anak. “Kak seto datang ke sini untuk minta dukungan. Minta agar hak anak-anak untuk dilindungi. Oleh karena itu anak-anak jangan merokok dan mengeluarkan fatwa haram merokok,” ujar Anwar Abbas, Sekretaris MUI

Dan Seputar Indonesia sore ini menayangkan bahwa MUI masih berkeberatan untuk menjatuhkan fatwa haram untuk merokok mengingat buruh pabrik rokok dan petani tembakau. Hmm benarkah?

Sebenarnya siapa sih yang mendulang emas dari perdagangan rokok di tanah air ini? Jelas bukan buruh pabrik yang hanya dibayar 10.000 per hari dan beras 5 kg untuk satu minggu bahkan ada desas-desus bahwa buruh rokok hanya dibayar Rp. 50,00 per batang yang mereka gulung. Ataupun bukan para petani tembakau yang hanya dibeli dengan harga murah, yang pada waktu panen harganya bisa jatuh sekali karena ada mafia perdagangan yang menguasai perdagangan tembakau. Jelas bahwa yang mendapat untung paling besar adalah para pemilik pabrik rokok. Siapa? Putra bangsa ini? Sayangnya bukan sama sekali.

Apakah lagi-lagi mengambil alasan cukai rokok sebagai penyumbang pajak terbesar? Hm asal tahu saja bahwa pengeluaran dan kerugian akibat rokok justru jauh lebih besar daripada pemasukan dari pajak rokok. Jadi buat para perokok yang suka merasa (dan menyombongkan diri) anda penyumbang pajak terbesar ya… sadarlah bahwa anda juga pembuang pajak terbesar juga

Apakah mau menilai dari CSR para pabrik rokok? Bea siswa? Biayain konser musik? Asal tahu saja biaya untuk kegiatan sosial hanya menghabiskan 2 % dari keuntungan produsen rokok

Selain itu cukai rokok Indonesia termasuk yang paling rendah dan harga rokok di Indonesia termasuk paling murah. Belanja rakyat miskin di Indonesia lebih dari 10 % nya untuk rokok, bahkan bagi beberapa perokok lebih baik anak nya berhenti sekolah daripada dirinya berhenti merokok

Oke kita kesampingkan semua itu. Yang di garis bawahi oleh Seto Mulyadi dan KPAI terutama adalah melindungi anak dari rokok dan menjadi perokok muda. Menurut data Badan Pusat Statistik (BPS) jumlah perokok pemula, umur 5-9 tahun, naik secara signifikan. Hanya dalam tempo tiga tahun (2001-2004) persentase perokok pemula naik dari 0,4 menjadi 2,8 persen. Berdasarkan penelitian LPKM Universitas Andalas mengenai pencegahan merokok bagi anak umur di bawah 18 tahun yang dilakukan di kota Padang menunjukkan lebih dari 50% responden memulai merokok sebelum usia 13 tahun.
Intinya, usia anak merokok telah bergeser dari usia belasan tahun, kini menjadi 5-9 tahun atau rata2 usia 7 tahun

Yang juga perlu menjadi perhatian pemerintah adalah AKSES terhadap rokok. Di Amerika rokok adalah legal, tetapi hanya diperbolehkan bagi yang berumur di atas 18 tahun. Pembeli rokok harus menunjukkan KTP apabila hendak membeli rokok. Sementara di Indonesia? Seorang anak umur 5 tahun pun bisa saja membeli rokok karena tidak ada pengawasan yang tegas baik dari pemerintah maupun dari masyarakatnya.

Sayangnya pemerintah seringkali tidak peduli dengan kenyataan di lapangan. Dengan berdalih bahwa pelarangan ini itu akan mengurangi pajak dari rokok, pengangguran buruh pabrik rokok dan petani rokok? Hmmm dari data yang ada, tidak ada tuh Negara yang bangkrut gara-gara melarang rokok. Tidak ada rakyat yang mengkudeta gara-gara negaranya menutup pabrik rokok. Jadi? Apa alasan MUI dan pemerintah sebenarnya? Bahkan untuk sekedar mengawasi transaksi rokok dan kewajiban pemberian gambar peringatan merokok pada kemasan rokok saja pemerintah masih enggan…..

Data-data regards to:

buku”Perusahaan Rokok Untung Besar” karangan Eko Prasetyo

http://www.kpai.go.id

Published in: on Agustus 13, 2008 at 5:48 pm  Comments (4)  
Tags: , , , , ,

Fakta Tentang Bayi dan Menyusui

1. bayi baru lahir sebaiknya baru dimandikan 6 jam setelah persalinan karena memandikan bayi kurang dari 6 jam dapat meningkatkan risiko bayi hypotermia dan mengurangi 50% kemampuan bayi untuk berinisiasi

2. setelah dilap secukupnya (tanpa dimandikan) bayi sebaiknya langsung diletakkan di perut ibunya agar mendapat kehangatan dari tubuh ibunya, dan bayi segera melakukan inisiasi ASI (bayi secara alamiah mencari dan menghisap puting susu ibunya, ini akan membantu mengenalkan bayi pada puting susu ibunya dan membantu produksi ASI segera~ ini merupakan proses yang menakjubkan, sayang untuk dilewatkan). kemudian tali pusat dirawat hanya dengan kain kasa steril, karena penambahan betadine, cairan antiseptik atau obat lain akan menambah lama proses pengeringan luka

3. Bayi sebaiknya tidak diberikan apa2 selain ASI hingga berumur 6 bulan (ASI eksklusif) pemberian makanan selain ASI dapat meningkatkan risiko bayi diare, merusak sal. pencernaan bayi yang masih lemah, dan mengurangi konsumsi ASi yang merupakan makanan terbaik bayi). Jika tidak dimungkinkan memberikan langsung, dapat melalui proses diperah

4. Bayi diberikan ASI sesegera mungkin, dan dianjurkan sekali untuk memberikan ASI pertama (kolostrum, susu jolong, yang berwarna kekuningan) karena mengandung zat antibody paling baik). Jika ASI belum keluar, bayi jangan diberikan apa2 hingga kurun waktu 24 jam karena persediaan makanan dalam kandungan cukup untuk 24 jam. apabila belum keluar juga setelah 24 jam baru diberikan makanan lain

5. Produksi ASI dipengaruhi oleh kondisi psikologi ibu (dukungan suami penting lho), gizi ibu dan jumlah ASI yang dihisap bayi. sebaiknya sebelum persalinan gizi dan psikologis ibu dijaga dan dirangsang supaya ASI segera keluar. setelah melahirkan semakin banyak ASI yang dihisap bayi, semakin banyak pula produksi ASI ibu (dengan catatan ibu mengkonsumsi gizi cukup) demikian juga sebaliknya, sehingga pemberian makanan tambahan akan mengurangi produksi ASI

6. pemberian ASI akan berperan dalam penjarangan kehamilan, mengurangi risiko kanker payudara, mengurangi kerepotan ibu, dan bayi mendapatkan makanan terbaiknya

7. sebaiknya dihindari pemakaian dot karena akan merusak pertumbuhan alami rahang dan gigi bayi

Published in: on Maret 10, 2008 at 4:05 am  Tinggalkan sebuah Komentar  
Tags: ,

Pemisahan Tempat Sampah di Fak Psikologi UI

Hari Sabtu kemarin, waktu ke ATM BCA di Fak. Psikologi liat sesuatu yang menarik

pemisahan-tempat-sampah.jpg

Sebenarnya sudah agak lama dan berkali-kali lihat, tapi baru kemarin entah kenapa jadi pengen foto & bahas ini.

Entah ini merupakan bagian dari kebijakan pak rektor (unsur politis?) selain membangun bicycle way (dan trem?) dalam rangka Green Campus atau memang merupakan proyek yang digarap serius, yang jelas menyediakan tempat sampah terpisah untuk pemisahan sampah merupakan keputusan bijak yang secara gak langsung akan mengurangi dampak global warming.

Dari segi fisik wah bermodal juga sampai menyediakan tiga jenis tempat sampah. Dilengkapi dengan banner pula. Jadinya buat yang masih bingung antara sampah organik atau non organik gak pusing (kertas termasuk apa ayo?). Sayangnya gak sempet ngintip ke dalam buat lihat bener gak sih sampah yang dibuang ngikutin prosedur, secara motoin tempat sampah aja udah diliatin pak satpam (mungkin baru kali ini liat ada yang foto tempat sampah)

Tentunya pemisahan sampah ini bakalin memudahkan abang2 pengangkut sampah dalam memilah sampah karena tentu saja jenis sampah yang berbeda memerlukan pengolahan yang berbeda pula. Selain itu prioritas pengangkutan sampah dipermudah juga. Yang diprioritaskan tentunya sampah organik yang bakalan menebar bau busuk dan jadi sarang penyakit kalo gak diangkut dalam 2×24 jam

Tapi kira-kira para mahasiswanya sadar gak ya dalam membuang sampah? Yang sering kelihatan sih boro-boro misahin sampah, buang sampah aja kadang-kadang suka sembarangan. Padahal udah sekolah tinggi-tinggi, tapi yang namanya kesadaran emang susah banget & gak ada hubungannya ama sekolah ya.

Sayangnya selain di dekat ATM/Alfamart kok di tempat-tempat lain tempat sampahnya masih sama ya? single, jelek, dan tidak diberikan keterangan jenis sampahnya. Niat gak ya bikin progamnya?

Tambahan lagi di kampus gw sendiri, FKM yang notabene ngutamain kesehatan, baru kira-kira sebagian tempat sampah yang dipisahin, Itu pun yang ada di luar ruangan. Wah PR nih buat dekan baru yang bakalan menjabat

Published in: on Maret 9, 2008 at 7:44 pm  Comments (4)  
Tags:

You Can Do Anything to Prevent Global Warming!

U can do anything to prevent Global Warming!

Tidak menancapkan colokan listrik ketika alat elektronik itu dimatikan = menghemat 40-50% biaya listrik yang harus anda bayarkan tiap bulannya…. Dan berarti pula, mengurangi panas yang timbul dari alat elektronik yang merembet ke pemanasan global.
Kantong plastik butuh waktu 1000 tahun untuk terurai di TPA(tempat pembuangan akhir). Sekitar 300 juta buah kantong plastik dibuang tiap tahunnya di Indonesia . Belum lagi yang dibuang di sungai belakang rumah dan tempat2 yang tidak semestinya. Di beberapa Hyper Market terkenal sekarang sudah ditawarkan kantung kertas. Pakai!


Setiap harinya 10kg kertas koran yang siap di jual loakan… itu membutuhkan 1 pohon yang butuh waktu 10 tahun untuk jadi besar. Bayangkan yang terjadi dengan ilegal logging… how many trees has been cutdown for you? Imagine how they make the world hotter?


Ketika kamu membeli 1 liter air mineral = pake 5 liter air total. What the..? Karena di pabrik, untuk mendinginkan botol plastik panas yang baru dicetak, membutuhkan 5 liter air WOW. Kode botol apa yang aman digunakan sebagai botol air? Lihat tanda dibawah botol, cari nomor 2,3 atau 4…. selain nomor2 itu… they’re not safe,! karena sama aja kamu makan plastik!


Tisue yang uda di pakai itu ngga bisa di recycle… begitu juga karton2 yang bekas kena minyak, makanan, kue, minuman… They’re only a waste… yang mau ngga mau tanahlah yang harus merecycle. Perkiraan orang memakai tisue 6 biji sehari. 2.200 biji setaun. Berarti kira2 44 MIYAR biji seluruh Indonesia setaun… Kalau kita menghemat 1 lembar aja tiap hari… berarti kita mengurangi sampah kertas sebanyak 7 MILYAR biji setaon… WOW lagi


8 MILIAR kali transaksi di ATM yang mengeluarkan kertas receipt tiap taun adalah salah satu sumber sampah terbesar di dunia. Kalau selama setahun orang transaksi ngga pake kertas receipt, itu akan menghemat satu roll besar kertas yang bisa buat melingkari garis equator sampe 15 kali… WOW. Be Green on ATM! Di sebagian besar ATM sekarang ada pilihan tidak pake receipt. Kalau memang tidak terlalu diperlukan (misalnya untuk bukti pembayaran, buat apa cetak receipt? Atau be smarter … Transfer lewat Internet banking atau mobile banking…. Lebih mudah dan murah (jika diperhitungkan dengan ongkos jalan).


Minimal punya 2 macam tempat sampah dirumah, membantu mengurangi polusi air, udara dan tanah. Pisahkan Garbage atau sampah basah (sisa makanan dan masakan, daun, minuman) dengan Litter atau sampah kering ( botol, plastik, kertas, kaca)


Lebih baik lagi untuk memisahkan sampah menurut 4 kelas :

  • Plastik ( pembungkus makanan, kantong kresek, kantong belanjaan)
  • Rumah tangga ( tulang ayam, sisa capcay, makanan basi)
  • Kertas (Pembungkus gorengan, popok bayi, tisue yang sudah dipakai)
  • Buku bekas catatan, kertas2 tagihan, koran, kertas iklan… disendirikan untuk dijual
  • Logam (kaleng susu, kaleng makanan) dan kaca.

Hanya butuh waktu 2 bulan untuk menjadikan sampah rumah tangga menjadi kompos yang bisa dipakai lagi untuk pupuk tanaman…


Polar Bear/ Beruang kutub ngga bisa berenang… tapi karena global warming di Kutub Utara, mereka harus berenang 30km untuk mencari es tempat berteduh. Bayangkan gimana kita yg nanti yg meninggalkan anak-anak kita dengan kondisi bumi yg semakin tidak enak untuk dihuni…..
Banyak perjuangan seekor beruang kutub yang berakhir mati karena kelelahan mencari daratan.


Is that the world you will leave for you and your children? Save the world, save our lifes, save our children! Act Now!, even something little, even just yourself!

Sumber: Oprah.com

Thanks to Beraniegagal.com

Published in: on Maret 9, 2008 at 7:04 pm  Comments (1)  
Tags:

An Apple A Day Keeps The Doctor Away.

Judul di atas adalah ungkapan lama yang sering kita dengar tentang buah apel. Karena sangat banyak manfaatnya sehingga diumpamakan bisa membuat dokter jauh dari kita, dengan kata lain konsumsi buah apel yang teratur akan membuat kita sehat dan sehingga tidak perlu berurusan dengan dokter. Selain sehat makan apel menjadikan kulit halus dan tubuh jadi langsing lho.

Apel tinggi kadar gizinya, terutama Vitamin dan mineral juga kandungan karoten dan pektinnya. Karoten memiliki aktivitas sebagai Vit A dan juga Antioksidan yang berguna untuk menangkal serangan Radikal Bebas penyebab penyakit-penyakit degeneratif seperti kanker.

Sedangkan Pektin merupakan salah satu tipe serat pangan yang larut dalam air, dapat memperbaiki otot, pencernaan dan mendorong sisa makanan pada saluran pembuangan, juga sebagai anti kolesterol karena dapat mengikat asam empedu yang merupakan hasi lakhir metabolisme kolesterol, selain itu pektin juga dapat mengikat dan menghilangkan racun dari usus.

Buat penderita Diabetes atau yang membatasi konsumsi gula, buah apel tidak meningkatkan gula darah karena kadar gula pada apel sangat rendah.
Apel dapat disebut sebagai dokter alami karena :

  1. Dapat menurunkan kolesterol darah
  2. Dapat menurunkan tekanan darah
  3. Dapat menstabilkan gula darah
  4. Dapat meningkatkan HDL
  5. Dapat membunuh virus infeksi
  6. Dapat mengurangi selera makan
  7. Dapat memperlancar pencernaan
  8. Dapat mempertahankan kesehatan saraf
  9. Dapat menjaga kesehatan jantung
  10. Sebagai Antioksidan (kulit apel)
  11. Sebagai agen anti kanker
  12. Sebagai pencegah pembentukan tumor usus (daging apel).

Kulit apel memiliki aktivitas antioksidan dan dan bioaktivitas yang lebih tinggi daripada buah apelnya sendiri, karena mengandung senyawa antioksidan terutama quersetin. Bila Vit.C memiliki aktivitas Antioksidan 1 maka Quersetin memiliki aktivitas Antioksidan 4, 7 x lipatnya

Memilih Apel yang baik :

  1. Kulit buahnya mengkilap
  2. Ujung buah bekas kelopak tampak tidak menutup.
  3. Bila dijentik dengan jari akan terdengar suara nyaring.
  4. Belum terlalu beraroma, bila telah tecium aroma artinya sudah terlalu matang.

Apel import biasanya diberi lilin dengan tujuan supaya lebih awet. Maka untuk menghilangkan lilinnya, celupkan apel dalam air hangat, kemudian gosok dengan lap kering hingga bersih. Atau rendam dalam larutan sabun cair untuk makanan.

Published in: on Maret 8, 2008 at 3:02 pm  Comments (3)  
Tags: ,