Mega Bazaar Computer 2008

logo_mbc2008.jpg

Hari Minggu kemaren mampir ke acara Mega Bazaar Computer 2008. Kebetulan hari terakhir plus hari Minggu, jadinya penuh banget, kayaknya jutaan orang tumplek plek di JCC.

Kalo diinget-inget kayaknya udah 2 tahun nih gak ke acara mega bazaar computer, terakhir ke mega bazaar waktu barengan sama acara pameran selular sekitar 2006.

Banyak yang berubah dari 2 tahun terakhir. Yang paling utama (dan nyebelin) tentu saja adanya HTM. Dulu gratis tis, gak perlu bayar. Sekarang dipungut biaya 5000 rupiah. Wah untung besar nih EOnya selain sewa booth dapet juga pemasukan dari HTM. Untungnya kalo mau keluar area pameran dapet cap kaya di dufan, jadi masih bisa bebas keluar masuk area pameran.

Sekarang porsi laptop/notebook sudah sangat mendominasi. Hampir setengah luas pameran diisi produk laptop dan aksesorisnya. Orang-orang yang keluar juga banyak yang menjinjing dus laptop. Sepertinya harga yang makin murah menjadikan pengguna laptop makin menjamur di Indonesia. Gw takutnya nanti fenomena laptop kaya handphone, cuma buat gaya doang dan menyampingkan kegunaan.

Perubahan lain yang juga menjadi perhatian adalah banyaknya pengunjung cewek. Kalo dulu kayaknya sekitar 80% pengunjung pameran komputer pasti cowok. Gersaaang. Kalo sekarang lebih adem, cewek banyak yang dateng, ya sekitar 40% deh. Gak cuma nganter, tapi beberapa emang niat beli, meski kebanyakan berputar di area laptop. Kalo di bagian dekstop tetep banyakan cowok.

Ada sisi minusnya pameran ini. Yang pertama gerah banget bo! Karena emang penuh pengunjung (secara hari terakhir), jadinya sistem pendinginnya gak maksimal, ya panas lah yang kerasa.

yang kedua udah panas susah banget cari minum. Area food court nya jelas2 bakalan bikin kantong nangis, mestinya ada jualan soft drink juga yang harganya standar.

Trus yang terakhir langkanya ATM. Entah orang-orang udah terbiasa transaksi pake gesekan (kartu kredit/debet maksudnya) atau bawa uang cash gede-gede. Tapi yang gw temuin cuma satu ATM BRI. Mana kebetulan gak bawa cash lagi, gagal deh beli tas laptop baru. Pelajaran: lain kali bawa cash yang lumayan daripada lo manyun

Tambahan: sempet ngiler liat VGA card HD 3870×2 cross fire. Ukuran VGAnya ngalah-ngalahin Motherboard, casing CPU & kipas pendingin extra gede plus banyak selang pendingin tambahan. Kata sodara gw yang kebetulan ikut harganya sebanding motor Tiger baru WEKS!!. Sempet gw foto juga, lumayan buat LoA hehehe
hd-3870x2.jpg

Iklan
Published in: on Maret 17, 2008 at 8:18 am  Comments (2)  
Tags: ,

Yang Patut Diwaspadai Selain Virus

Segala macam program yang merusak atau mengganggu system kita umumnya kita sebut virus. Sebenarnya keliru karena istilah sebenarnya adalah Malicious Software atau biasa disebut Malware. Malware adalah program komputer yang di ciptakan dengan maksud dan tujuan tertentu dari penciptanya dan merupakan program yang mencari kelemahan dari software. Umumnya Malware diciptakan untuk membobol atau merusak suatu software atau Operating System.

Malware terdiri dari berbagai macam, yaitu:

Virus
Malware jenis ini memiliki kemampuan reproduksi dengan cara menginfeksi program lain (menjadi parasit) dan bisa juga dengan mereplikasi dirinya.Berdasarkan judulnya dan mengingat virus sudah cukup banyak dibahas, virus kita bahas sampai sini saja.

Trojan Horse
Nama program ini diambil dari legenda Yunani-Troya (kalo gak tau nonton aja acting Bradd Pitt & Orlando Bloom di TROY). Sebagaimana legenda tersebut, Trojan Horse umumnya dikemas dalam bentuk sebuah program yang menarik, sehingga pengguna komputer yang mendapatkan file ini umumnya akan terpancing untuk menjalankannya. Namun dibalik daya tarik software tersebut, tersembunyi program lain yang akan merusak system. Trojan Horse tidak memiliki kemampuan untuk menggandakan dirinya ke program lain, ini yang membedakan Trojan Horse dengan virus ataupun worm dalam.

Namun tingkat bahaya Trojan Horse harus diwaspadai sebagaimana virus. Hal ini karena Trojan Horse juga dikenal dengan sifatnya dalam menciptakan backdoor, yang akan memberikan akses komputer kita kepada orang lain. Jadi hati-hati bila baru menginstall suatu aplikasi (apalagi gratisan), karena bisa saja disisipi oleh Trojan + Backdoor sehingga suatu saat orang lain akan dapat melihat dan mengambil data-data kita. Apalagi bila di komputer kita terdapat dokumen rahasia yang penting.

Worm
Sebagaimana namanya worm umumnya tidak merusak system, tapi dia sanggup menggandakan dirinya. Hasilnya? Harddisk penuh sesak dan bikin komputer lemot. Gak cukup hanya komputer sendiri, Worm akan menggandakan diri dengan mengirimkan filenya secara otomatis melalui attachment ke setiap alamat yang ada dalam address book pada software e-mail korban. Selain itu tentunya worm akan menyebabkan beban kerja mailserver melonjak drastis hingga dapat mempengaruhi performanya, bahkan crash dan harus restart. Worm dapat juga merusak jika di dalamnya terdapat kode-kode perusak yang umumnya ada di virus.

Dari segi desain, worm ini identik dengan virus, namun tidak sama dengan virus. Perbedaannya terletak pada cara bereproduksi (spread action), dimana worm bereproduksi tidak dengan cara infeksi tetapi dengan cara menggandakan diri (self copy) dan biasanya tidak bersifat polymorphic (berubah-ubah), sehingga mudah dideteksi oleh antivirus maupun removal. Jenis malware inilah bentuk sebenarnya dari brontok, decoil, kangen. (jadi lain kali jangan sebut “komputer gw kena virus kangen, bisa malu-maluin)

Ancaman Lain

Selain Malware diatas ada beberapa varian lain yang meskipun tidak terlalu berbahaya tapi dianggap sesuatu yang dapat mengganggu daya kerja komputer kita

Adware
Program yang memunculkan pop-up iklan atau iklan yang tersembunyi yang dimasukkan oleh pembuat program ke dalam sebuah program lainnya. Biasanya program tersebut adalah program yang freeware ataupun shareware. Jadi pengguna terpaksa menerima iklan tersebut.

Spyware
Program yang memata-matai kegiatan online kita lalu mengirimkan hasi pantauannya ke host server spyware tersebut. Program ini bekerja secara otomatis pada saat kita browsing internet. Sebagaimana adware program ini datang dari freeware dan shareware. Program ini akan bekerja terus-menerus saat kita online atau menggunakan internet browser (mozilla, IE, Opera), ada pula beberapa yang menggubah/mengganti file system windows. Hal ini akan menambah beban kerja windows sehingga menjadi lebih lambat
Browser Hijacker
Apabila pada saat kita start browser kita, default page yang sudah kita set sebelumnya misalnya ke http://www.ramdani1428.wordpress.com. Artinya setiap kali kita buka browser kita, akan menampilkan blog ini. Namun browser hijacker akan mengubah ini sehingga tiba-tiba suatu hari, pada saat kita jalankan browser, ternyata malah menampilkan situs yang lain. Misalnya http://www.blablabla.com, Atau contoh lainnya adalah ada tambahan di bagian search dari browser kita, ada shortcut yang baru di desktop kita, ada tambahan situs baru di bagian menu favorites yang tidak kita tambahkan sendiri. Itu artinya komputer kita sudah terjangkit Browser hijacker

Dialer
Malware ini memasukkan fungsi otomatis untuk koneksi internet, bahkan secara diam-diam program dapat aktif sendiri. Hasilnya? jatah internet Anda mendadak membengkak, atau pengguna telkomnet instan akan dapet rekening telefon yang bikin serangan jantung, sehingga malware jenis ini merugikan kita dari sisi ekonomi.

Drive-by Downloads
Program jahat ini melakukan instalasi program tanpa sepengetahuan pemilik komputer.

Homepage Hijacking
Hampir mirip dengan Browser Hijackers, malware jenis ini mengganti alamat homepage pada default browser dan tidak dapat diubah walaupun Anda sudah melakukan setting ulang. Malware begini ini paling banyak dibuat. Benar-benar bikin repot.

Keylogger
Keylogger merupakan sebuah perangkat baik perangkat keras atau perangkat lunak yang digunakan untuk memantau penekanan tombol keyboard. Sebuah keylogger biasanya akan menyimpan hasil pemantauan penekanan tombol keyboard tersebut ke dalam sebuah berkas log/catatan/rekaman. Beberapa keylogger tertentu bahkan dapat mengirimkan hasil rekamannya ke e-mail tertentu secara periodik.

Retrospies
Ini sejenis program yang berdaya guna mematikan anti spyware.

Scumware
Program yang tidak diinginkan dan masuk ke komputer tanpa ijin.

Search Hijackers
Sama dengan malware hijackers, kali ini sasarannya search engine pada browser. Program biasanya menampilkan begitu banyak pop up iklan yang tidak karuan.

Surveillance Software
Inilah jenis malware yang sangat berbahaya. Iblis ini mencatat kegiatan pada sebuah komputer termasuk data penting, password dan lainnya. Program ini termasuk cerdas juga, karena data baru akan terkirim bila sang korban selesai melakukan aktivitas berinternet.

Thiefware
Jenis malware ini mengarahkan pengunjung situs dan mengarahkan ke situs lain yang mereka kehendaki. Meski cara tersebut tidak dilarang, namun sangat mengganggu dan sangat kasar.

Cookies
Sebenarnya diciptakan untuk disimpan pada sistem untuk mempermudah mengakses kembali ada yang menyalahgunakannya untuk mengambil data situs yang diakses pengguna sehingga mengetahui rahasia pengguna.

 

Berikut ini bukan program tapi email yang diterima

Spam
Email yang tidak diinginkan kehadirannya yang dikirim dalam jumlah yang banyak berisi hal-hal yang kurang disukai, penawaran barang tanpa permintaan dari penerima, atau mengganggu penerima email. Dirasakan mengganggu, membuang waktu, membebani server, dan akan memenuhi ruang email. Laporkan dengan mengklik tombol spam pada bagian atas email (pada yahoo). SPAM ini agak subjektif, jadi berhati-hatilah saat mengirim email. Email yang anda rasa biasa saja dapat dirasakan orang lain sebagai SPAM.

HOAX
Email/berita yang memperingatkan akan adanya ancaman dari suatu virus komputer atau warning sejenis lainnya. Namun demikian, seringkali warning ini tidaklah benar adanya, melainkan sekedar ingin membuat orang menjadi cemas dan panik. Hoax biasanya meminta penerima email agar menyebarkannya, sehingga lalu lintas peredaran data di internet menjadi makin padat.

Contoh HOAX: This information arrived this morning, from Microsoft and Norton. Please send it to everybody you know who accesses the Internet. You may receive an apparently harmless email with a PowerPoint presentation called “Life is beautiful.pps.” If you receive it DO NOT OPEN THE FILE UNDER ANY CIRCUMSTANCES, and delete it immediately. If you open this file, a message will appear on your screen saying: “It is too late now, your life is no longer beautiful”, subsequently you will LOSE EVERYTHING IN YOUR PC and the person who sent it to you will gain access to your name, email and password. This is a new virus which started to circulate on Saturday afternoon. WE NEED TO DO EVERYTHING POSSIBLE TO STOP THIS VIRUS. UOL has already confirmed its dangerousness, and the antivirus Softs are not capable of destroying it. The virus has been created by a hacker who calls himself “life owner”, and who aims to destroying domestic PCs and who also fights Microsoft in court! That’s why it comes disguised with extension pps. He fights in court for the Windows-XP patent.
MAKE A COPY OF THIS EMAIL TO ALL YOUR FRIENDS.

Fight all!!

Published in: on Maret 11, 2008 at 1:52 pm  Comments (2)  
Tags: , , ,

Tanda-tanda Komputer Kena Virus & Penanggulangannya

Guys, tau donk yang namanya virus komputer. Paling enggak, tau hasil dari kerjaanya yang bikin pusing, dongkol, kesel n jengkel. Gara-gara yang namanya virus komputer file kerjaan ilang, komputer quad core jadi selemot 386, suka restart sendiri, bahkan nyampe yang ekstrem banget: ngerusak hardware!

Pertama-tama untuk mendeteksi virus, kenali dulu tanda-tanda komputer yang kena virus!

  1. Komputer mulai berjalan sangat lambat.Kalo cuma buka aplikasi ringan aja butuh waktu menitan, ini tanda paling umum komputer udah terinfeksi
  2. Muncul file-file aneh. Misalnya di folder tertentu muncul file-file yang gak kita inget kapan naronya. Apalagi kalo udah extensinya yang aneh atau gak sesuai dengan iconnya (icon Ms Word tapi application?). Ataupun ada folder yang muncul dalam folder dengan nama sama
  3. Komputer suka restart sendiri. Apalagi jika kita masuk ke program antivirus, task manager, msconfig, Regedit, atau program lain yang seharusnya bisa dijalankan secara wajar (Kok komputer saya waktu jalanin game Crysis suka restart sendiri? Ya Iyalah, itu mah komputer nya aja yang gak kuat, neng.)
  4. Hilangnya beberapa option di komputer. Misalnya Folder option, Regedit, Run, command prompt. Atau apabila sudah melakukan perubahan, tapi gak ngefek. Misal di folder option “show hidden file” udah kita checklist (Baca: ceklis) tapi pas di OK eh hidden filenya gak tetep gak keliatan.
  5. Muncul pesan-pesan aneh gak jelas. (yang udah keinfeksi louhan tau deh pasti)
  6. Program antivirus gak bisa jalan.

APA YANG MESTI KITA LAKUKAN?

  1. Perkirakan asal virus. Virus gak akan ujug-ujug muncul di komputer, (virus gak nganut generation spontaneous), pasti asalnya dari luar komputer/system kita. Kira-kira kemaren abis install sesuatu? Download? connect (baca: konek) ke internet/LAN? masukin disket? (hari genee masih pake disket??) nancepin flashdisk? kesemuanya adalah sumber virus. Kalo kira-kira udah ketemu di lain waktu berhati-hatilah.
  2. Install/Scan/Update Antivirus. Yang pertama upaya yang perlu kita lakukan adalah install antivirus buat yang belum ada. yang udah ada? segera full scan komputer. Masih gak keditek (baca: ke detect)? update antivirus anda! Perlu gak sih update virus? Ya iya lah. Tiap hari kira-kira ada 10 varian virus baru yang tercipta. Kalo gak update ya siap-siap aja. Antivirus mahal? gak mau pake bajakan? udah ada banyak kok antivirus free macam AVG, PCMAV, Antivir. Beberapa produsen antivirus pun udah mulai merilis free edition nya. Yang murah ada juga kok, mulai dari 50.000/tahun juga ada.
  3. Biasanya virus yang mencurigakan udah dapat keditek meskipun gak bisa dihilangkan. Pilihannya: kirim contoh virus ke produsen antivirus untuk dianalisis dan dibuatkan vaksinnya, atau browsing di internet buat cari cara penanggulangannya.
  4. Konsultasi ke para ahli. Maksudnya ahli disini teman, sodara, orang tua, istri, suami, anak, yang suka otak-atik komputer atau sebagian harinya dihabiskan di depan komputer buat nanggulangin masalah virus ini. Kalo di kantor sih contact aja bagian IT nya. Jangan lupa kasi uang ala kadarnya, atau kalo gak enak, traktir makan, beliin coklat, kasi pinjem DVD dan lainnya.
  5. Buat yang udah ahli ya bisa cari dan tanggulangi virus itu sendirian . Safe mode> cari dan basmi virus yang ada.

Last Resort: Pilihan terakhir kalo udah ngelakuin itu semua tapi si virus masih pada nempel di komputer tersayang kita, coba cara terakhir yang biasanya ampuh: Install ulang Windows anda!

Yang perlu diperhatikan saat install ulang windows:

  1. Siapkan CD Windows (ya iyalah),
  2. CD software (biasanya pinjem dari para “ahli” diatas), dan
  3. CD driver komputer & hardware anda. Kalo “duh udah ilang” atau “udah gak tau dimana tuh” coba cari teman yang pake komputer yang sama atau download di internet. Yang penting tau jenis, merk, varian dan seri hardware anda, masuk ke website produsennya trus download deh

Slamat membasmi virus…………

Weiiits jangan berhenti dulu, ancaman buat komputer anda tidak cuma virus, baca post berikutnya: “Yang patut diwaspadai selain virus”! Kalo kamu2 masih mengira bahwa Rontokbro atau kangen itu virus, kamu perlu baca!

Published in: on Maret 11, 2008 at 11:26 am  Comments (2)  
Tags: , ,

Wajah sweeping software bajakan di Indonesia

Berikut ini cerita pengalaman dari e-friend saya:

Beberapa waktu lalu teman saya terkena sweeping, tapi entah mungkin ketidak
tahuan proses sweeping tersebut bagaimana … yang jelas sangat menjebak..
padahal teman saya ini bukan orang yang mempunyai toko komputer kelas atas, yang
bisa menjual beratus- ratus komputer per hari, yang jelas pekerjaannya dirasa
halal, hanya menjual komputer terutama hardwarenya kok, jadi…begini
ceritanya..

Waktu itu sekitar sore hari pukul setengah 4, saya ingin membeli keperluan
jaringan yaitu kabel komputer yang ingin digunakan untuk jaringan di kost.
Sebut saja karyawan di toko komputer langganan saya mbak Bunga … Setelah
berbasa – basi sebentar saya minta dipotong dan dipasangkan konektor di kabel
UTP yang saya bawa. Tiba-tiba mbak Bunga dipanggil sama bos nya ke dalam,
setelah beberapa menit dia keluar dan menceritakan kejadian yang dialami.

Jadi pertamanya begini, pagi itu ada seseorang yang katanya tampilannya ndesoooo
banget ingin membeli sebuah komputer. Tapi minta dicarikan yang murah ..
akhirnya mbak Bunga mencarikan komputer dengan spesifikasi berharga 1,1 jt. Si
pembeli tadi setuju dengan harga segitu, tapi minta diinstall software OS
Microsoft Windows XP yang bajakan, dengan dalih dia orang yang pas – pas an dan
tidak punya uang untuk membeli software Windows XP tersebut, dan komputer itu
juga untuk hadiah ulang tahun. Ya…karena mbak Bunga tadi seorang
wanita..trenyuhh dong…apalagi ditambah dengan muka si pembeli yang ndesoo plus
memelaaasssss. ..banget untuk meminta di-install-kan software bajakan. Akhirnya
mbak Bunga dengan sangat terpaksa setuju, walaupun dari pertama dia sudah bilang
di toko ini tidak terima install software bajakan. Akhirnya si pembeli tadi
setuju dengan transaksinya dan memberi DP Rp.100.000,- . Katanya akan diambil
sore nanti.

Setelah sore tiba, mbak Bunga menunggu pembeli ndeso tadi. Yang ditunggu tidak
datang, malah polisi yang datang… waaaaaaaaaa …. terang aja kaget… polisi
dengan surat tugas ingin melakukan penggeledahan di tempat tersebut, polisi itu
langsung tau kalau komputer si pembeli ndeso tadi sudah terinstall windows
bajakan. Dengan bangga pula si polisi tadi mengeluarkan software pemeriksa
serial number windows XP asli atau tidak yang katanya diberikan langsung oleh
microsoft (kalo kayak gini programmer yang baru belajar saja bisa membuat
apliaksi tersebut). Karena kedapetan nginstall software bajakan yaaaa…
akhirnya si polisi tadi menuntut uang Rp.30.000.000, – WAKS… tiga puluh juta
rupiah … hanya dengan kesalahan seperti itu… gilak!!!! Rampok apa polisi
lo??? Akhirnya dengan segala daya upaya dan negosiasi oleh teman dan pihak toko
tersebut, toko hanya membayar 1 juta saja dan komputer tidak jadi disita.
GILA!!!

Dari cerita di atas anda dapat melihat beginikah wajah sweeping di
Indonesia?Apakah harus dengan umpan pembeli ndeso yang ujug – ujug ingin membeli
sebuah komputer dengan harga 1,1jt dengan alasan untuk hadiah ulang taon (entah
ponakannya ato gendak-nya!! ). Toko kecil yang pemasukkannya kecil pula ikut
kena dampaknya. Kapan usaha di indonesia bisa maju? kalau belum apa – apa sudah
dimintai pajak seperti itu. Dan yang disayangkan adalah cara sweeping dengan
cara menjebak (kalau diamati dari cerita di atas tadi). Entah yang melakukan
adalah polisi beneran ato emang oknum yang mengatas namakan sweeping software
bajakan. Umh…saya tidak tau..atau mungkin toko kecil itu hanya membayar
sedikit pajak untuk keamanan yang notabene diminta oleh polisi di daerah
setempat, iya kalau hanya satu tempat dan satu toko. Misalnya di satu tempat ada
10 toko komputer dan yang di sweeping seperti itu ada 10 tempat, kalikan saja..
1.000.000 x 10 x 10 = Rp.100.000.000, – …hahahahhaha … mau
gimana?

Aku juga pernah tanya ama salah satu petinggi Microsoft yang di Jakarta. katanya
sebenernya tu, dari pihak Microsoft tidak ada perintah ato permintaan untuk
sweeping. “Mereka” aja yang cari-cari! Jadi buat temen-temen yang kerja di toko
komputer atau dimana kek.. sekarang kudu waspada.. inget WASPADA!!!

Trus ada respon dari e-friend saya yang lain (seorang distributor film original)

Ini asli pernah saya alami. jadi dari pihak kepolisian dan pihak perindustrian
melakukan sweeping terhadap barang-barang teknologi informasi (dalam hal ini
termasuk cakram padat, software komputer dsb). Agar tidak terulang lagi, dan
agar kita tidak dibodohi ada hal-hal yang harus diperhatikan jika ada orang yang
mengaku melakukan sweeping, yaitu :

1. berprilaku dengan tenang dan tidak gugup
2. tanyakan dan teliti surat tugas, ID dan surat-surat resmi lainya.
3. Jika ada yang dibawa buat tanda terima dan berita acaranya sebagai bukti.
4. Jika minta uang, bikin pula bukti serah terimanya. Itu bisa menjadi senjata
kita, dan mungkin jadi bumerang buat mereka.
5. tanyakan/telepon ke kantor kepolisian dengan memberitahukan surat tugas
mereka apakah memang benar ada operasi seperti itu.

memang dibutuhkan keberanian untuk itu.

Memang benar apa yang dikatakan sebelumnya bahwa sebetulnya pihak Microsoft
tidak pernah meminta kepada pihak kepolisian untuk melaksanakan sweeping habis
software bajakan. Begitu pula dengan kami sebagai pemegang resmi distribusi
film-film hollywood tidak pernah meminta kepada pihak kepolisian untuk melakukan
sweeping bajakan.

memang pembajakan adalah pencurian, dan ancamannya adalah pidana. Akan tetapi
perusahaan besar seperti microsoft atau kami masih mempertimbangkan aspek
politisnya. Dan sebetulnya hal seperti ini mengandung unsur delik aduan. Artinya
akan ditindaklanjuti jika ada yang mengadu merasa dirugikan. Tapi kenyataannya
kita fine-fine aja. Saya sendiri tidak tahu aspek hukumnya.

tapi yang pasti bagi teman-teman yang berwirausaha menggunakan teknologi
informasi, jangan takut. ikuti prosedur standar seperti diatas. Insya Allah bisa
berguna

Yakin deh, polisi juga gak akan mau terima duit pake tanda terima. takut kalee,
kalau mau diambil apalagi klaim aja lagi…

Bukan maksud saya untuk membela teman2 pemakai bajakan, tapi kondisi kita masih
seperti ini ya mau gimana lagi. Kalau harga software original dalam posisi wajar
(dalam hal ini perbandingan nilai tukar dollar dan rupiah misalnya masih di
seputar 3000 seperti halnya sebelum krisis) tentunya harga sofware original
masih terjangkau oleh kita semua.

Belum lagi kondisi monopoli microsoft yang “memaksa” kita untuk menggunakan
produknya (teman2 pengelola warnet tentunya pernah mengalami kejadian menurunnya
pelanggan ketika penggunaan open source dilakukan. setiap pembelian hardware
baru pun saya belum pernah nemu yang punya driver untuk open source).

Dan bagaimanapun salahnya pengguna software bajakan lebih salah lagi oknum
polisi dan para penipu yang memanfaatkan sistem kita

Published in: on Maret 8, 2008 at 4:28 pm  Comments (3)  
Tags: ,

My Laptop BYON M3300

Ehm sebagai post pertama, coba bahas Laptop yang umurnya baru 2 minggu ini. Saking sayangnya ni laptop udah kayak pacar aja. Dielus-elus, dibersihin, disayang-sayang, dikasi nama bagus Hihihi untungnya belum punya istri pasti kalo udah punya bikin istri jealous

Beli ni laptop karena ingin pake merk lokal, plus laptop merk ini mudah diupgrade, spek beragam (BYON = Build Your Own Notebook), trus harga/performanya yang gede, jarang ada yang punya, & distributornya (Astrindo) juga distributor merk ternama (ASUS)

Waktu rencana beli laptop setelah surfing sana-sini, awalnya ngincer BYON M30 F. Ngutamain VGAnya yang pastinya kagak bisa diupgrade di lain waktu sementara processor & RAM mendingan kecil dulu. Ternyata barangnya abis & butuh bulanan buat pesen lagi. Akhirnya ya udah ambil yang lebih mahal tapi performa lebih keren juga. Waktu milih M3300 si mbak nya sempet promosi kalo anak2 desain Binus pada lebih milih ni laptop dibanding seri M 30 F yang kalo pake Intel® Core™ 2 Duo jatohnya lebih mahal (rencana awalnya beli yang dual core dulu). Katanya sih M30 F yang pake GeForce Go 8400 kalah cepet dibanding si M3300 yang ngandelin GeForce Go 7600. Kalo dilihat di notebookcheck sih emang 7600 ini VGA kelas 2 sementara 8400 kelas 3. Kelebihan si M30 ada di chipset Intel®965 SantaRosa yang udah dukung processor Intel Extreme terbaru

Tag line si M3300 ini pun Cinematic Visual Experience Large Screen: Incorporated with the latest technologies by nVidia® Geforce® G0 7600-256MB Graphic card, M3300 PN/D not only offers complete visual satisfaction but also beautiful displays for both working and playing

Akhirnya terbelilah si M3300 dengan spek:

Intel® Core™ 2 Duo T7200 2.0GHz / 4M L2 cache, Intel® 945PM Express Chipset, Intel® PRO/Wireless 3945 A/B/G, Memory 1 GB DDR2 (plus dikasi 1GB lagi gratis!), Nvidia GeForce GO 7600-256MB, HDD 120 GB/5400 rpm S.ATA, DVD-RW Supermulti (support DVD-RAM), Bluetooth, webcam 1.3 MP

Overall: tampilan ni laptop agak bulk sih, model nya biasa banget (not recommended buat yang beli laptop buat fashion), berat standar, performa OK, gw baru coba main Battlefield 2 dengan High detail paling tinggi n lancar abisss! (bener-bener don’t judge book by it’s cover). Panel depan bisa diganti gambar pilihan kita. Tapi gw suka panel depan defaultnya, artistik & terkesan antik. Kayaknya bakal lama baru ganti panel, pengennya sih pake gambar gundam hehehe

Secara keseluruhan abis make ni laptop selama 2 minggu gak ada masalah berarti, cuma speaker bawaan dari sononya yang memang kurang begitu bagus, gak begitu masalah coz kalo dengerin MP3 mendingan pake desktop aja yang pake speaker gede, sementara main games pasti pake headset.

Update 29/08/08 Hmm  ternyata kalo ditancepin ke speaker yang gede, temen gw yang pake desktop plus soundcard creative aja ngaku kalah secara biarpun realtek biasa tapi udah HD audio. baterainya udah mulai agak drop nih, cuma kuat sekitar 1 jam 15 menitan… Gak recommended buat yang ngutamain mobilitas laptop.

tempo hari sempet agak ngadat, suka mati mendadak, ternyata pas dibawa ke service pointnya mesti dibersihin saluran udaranya ya sekitar satu atau dua bula sekali katanya perlu tapi bisa DIY (Do It Yourself) kok

Published in: on Maret 7, 2008 at 6:41 pm  Comments (14)  
Tags: , ,